Pasific Pos.com
Papua Barat

Bupati Harap Pemprov Bantu Bangun Jembatan Kali Sopnyai

Anggi, TP – Pemerintah Provinsi Papua Barat diharapkan dapat membantu pembangunan jembatan Kali Sopnyai yang berada di Distrik Hink Kabupaten Pegaf. Harapan ini disampaikan Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy, SH.,MH, karena ketiadaan jembatan tersebut telah mengakibatkan 5 warganya hanyut.

Bupati mengungkapkan, untuk membangun jembatan Kali Sopnyai, Pemkab pegaf telah mengalokasikan anggaran. Hanya saja, anggarannya masih cukup kecil sehingga tidak mampu membiayai pembangunan jembatan secara keseluruhan.

“Saya tunggu sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah pusat maupun pemeritah provinsi untuk membangun jembatan Kali Sopnyai. Untuk itu, kami anggarkan sedikit untuk memulai membangun jembatan Kali Sopnyai. Karena nominal anggaran yang kami miliki sangat kecil makanya butuh bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi,” ujar Yosias di Aula Praja Anggi, Kamis (1/3).

Bupati mengungkapkan, Kali Sopnyai telah menghanyutkan 5 orang warga saat banjir bandang tahun 2016 lalu. Sejak saat itu belum dinormalisasi. Padahal jika terus dibiarkan akan sangat membahayakan warga yang tinggal di dekat kali karena semakin melebar dan tambah dalam.

Dikatakan Bupati, saat itu Anggota Komisi V DPR RI juga telah meninjau Kali Sopnyai dan berjanji akan memperjuangkannya agar dianggarkan di APBN. Hanya saja, sampai saat ini belum juga terealisasi.

“Belum lama ini di Kampung Kopo Distrik Sururey, Kampung Awigau dan Kampung Ubesa Distrik Taige terendam banjir. Kita ketahui Kabupaten Pegaf berada di daerah Pegunungan sehingga rawan terjadi bencana banjir dan longsor. Untuk itu saya minta perhatian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua Barat,” tukas Bupati. [PGF-R3]