Pasific Pos.com
Papua Barat

Bupati Canangkan Program Tiga Bulan Bersih Sampah

Manokwari, TP – Bupati Manokwari Demas P. Mandacan mencanangkan Manokwari bersih sampah selama tiga bulan. Pencanangan ini dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional (PSN) tahun 2018, Jumat (2/3).

Pencanangan Manokwari tiga bulan bersih sampah yang berlangsung di lapanan penerangan Jl Percetakan Sanggeng ini, tidak hanya untuk memperingati hari PSN, tetapi juga untuk mewujudkan Manokwari nol Sampah.

Mandacan mengatakan, tiga bulan bersih sampah (TBBS) dilaksanakan diseluruh Indonesia dari tanggal 21 Januari sampi 21 April 2018 bertujuan untuk mengurangi 30 persen dan penanganan sampah sampai 70 persen pada tahun 2025.

Mandacan menjelaskan, dalam menjalankan TBBS, semua harus menjadi ‘pemulung keren’ yang bertanggung jawab mengambil sampah di jalan dan untuk mewujudkan Manokwari nol Sampah.

“Di Manokwari jelas Mandacan, sampah harus ditangani mulai dari RT/RW sehingga program jumat bersih wajib dijalankan semua pihak dan masyarakat yang mendiami tanah Arfak ini,” kata Mandacan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manokwari, Sumedi menjelaskan, langkah awal untuk menjalankan TBBS adalah mensosialisasikan ke setiap sekolah untuk tidak membuang sampah sembarangan sekaligus memilah sampah plastik dan organik.

“Untuk sampah plastik (non organik) Pemkab Manokwari telah bekerja sama dengan Bank Sampah Unipa untuk mengelolanya menjadi barang jadi,” jelas Sumedi kepada wartawan, kemarin.

Sementara untuk sampah organik, kedepan pihaknya akan berupaya mengubahnya menjadi pupuk yang bisa dimanfaatkan oleh petani di Manokwari. [SDR-R3]