Pasific Pos.com
Papua Barat

Bupati Berencana Surati Kemenkes Soal Penerimaan CPNS Kategori Tenaga Medis

Manokwari, TP – Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan berencana akan menyurati Kementerian Kesehatan (Kemenkes) perihal penerimaan CPNS formasi tenaga medis.

Keinginan itu diutarakan Mandacan setelah mendapatkan keluhan dari bidan yang mempertanyakan nasib mereka dalam acara HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 67 tahun, Senin (9/7).

Pada kesempatan itu, para bidan mengeluhkan tidak adanya formasi penerimaan CPNS kategori bidan yang dibuka Pemkab Manokwari.

Di samping itu, mereka khawatir bila nantinya ada penerimaan CPNS kategori bidan, maka umur sudah tidak memenuhi syarat, dimana batas CPNS hanya sampai pada usia 35 tahun, sedangkan sebagian dari mereka ada yang sudah berusia lanjut.

Merespon hal tersebut, Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan menerangkan, terkait penerimaan CPNS, Pemkab Manokwari hanya menerima petunjuk dari pemerintah pusat.

“Untuk penerimaan CPNS, kita Pemda tergantung pemerintah pusat. Kalau ada kita lakukan, itu pun sudah tidak ada yang sistem off line, semua online, tetapi saat ini belum ada formasi,” terang Mandacan.

Meski begitu, Mandacan mengaku akan mencoba mengirim surat kepada Kemenkes di Jakarta untuk mempertimbangkan umur dalam penerimaan CPNS, dengan harapan para tenaga medis yang berusia 35 tahun, dapat mengikuti tes.

“Nanti kita coba menyurat ke Kemenkes, terkait umur,” terang Mandacan.

Mandacan menambahkan, sejauh ini, Pemkab Manokwari belum dapat mengangkat honorer dari tenaga medis karena adanya keterbatasan anggaran.[SDR]