Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Bupati Apresiasi Pendeklarasian Kampung Kameyakha Bebas Miras

SENTANI – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., memberi apresiasi kepada semua pihak yang ada di Kampug Kameyakha yang telah mencanangkan Kampung Kameyakha sebagai Kampung Bebas Miras dan Narkoba.

Kegiatan deklarasi bebas Miras dan Narkoba yang terjadi di Kampung Kameyakha ini merupakan peristiwa pertama kampung di Kabupaten Jayapura, untuk itu kami sangat mengapresiasi dan juga menghormati keputusan yang dilakukan oleh pemerintah kampung, tokoh adat, agama dan masyarakat Kampung Kameyakha guna mendukung dan sama-sama mengambil keputusan kampung ini bebas Miras dan Narkoba, ujarnya.

Ini merupakan kepedulian kita semua untuk menyelamatkan masa depan generasi muda di Kampung Kameyakha ini, sambung Mathius Awoitauw dalam sambutannya pada acara pendeklarasian Kampung Kameyakha sebagai Kampung Bebas Miras dan Narkoba, Jumat (22/6/18) lalu.

Menurutnya, masalah Miras dan narkoba kini sudah menjadi penyakit sosial yang sulit diberantas secara umum di Papua dan secara khusus di Kabupaten Jayapura.

Dengan demikian, jika ada masyarakat di kampung-kampung yang punya kesadaran sendiri untuk mencegah dan memberantas penggunaan juga peredaran Miras dan Narkoba, seperti yang hari ini kita deklarasikan, maka kami di Pemerintah Kabupaten Jayapura siap menyambut serta mendukung, tegasnya.

Mathius berharap, kepada pemerintah kampung, tokoh adat da tokoh agama, jangan ada kompromi, karena budaya Miras ini buka budaya kita dan kita harus berani dengan tidak mengonsumsi Miras di kampung ini.

Perlu diketahui bersama, bahwa Pemda Kabupaten Jayapura tidak pernah mengeluarkan ijin peredaran Miras mulai dari tahun 2013 lalu hingga saat ini, paparnya.

Mathius menyampaikan, Kampung Kameyakha ini akan menjadi contoh yang baik bagi kampung-kampung lain yang ada di Kabupaten Jayapura. Kita harus pertahankan ini selamanya, kalau ini bisa bertahan selama satu tahun maka kita akan sama-sama rayakan itu dan saya akan kasih hadiah untuk kampung ini, katanya.

Untuk itu, saya juga sampaikan terima kasih kepada pemerintah kampung, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, yang telah mempergunakan daa bantuan yang kami berikan untuk kampung dengan baik dan sudah dilaporkan dengan baik kepada kami. Tadi kita sudah sama-sama melihat buktinya dan dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan kampung ini, ujar Mathius Awoitauw diakhir sambutannya.