Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bupati : ”Angkat Kembali Budaya Malind’

MERAUKE,ARAFURA,- Pemuda Marind untuk pertama kali melaksanakan Perayaan Natal Oikumene, sehingga dengan momentum seperti ini dijadikan sebagai moment untuk memperat kebersamaan Bangsa Marind untuk menghadapi tantangan dan dinamika yang sedang terjadi dan menyukseskan pembangunan di Tanah Anim Ha. Perayaan Natal Oikumene Pemuda Marind digelar di GOR Head Sai, Sabtu (13/1/18) lalu.

Ketua Panitia Natal Oikumene Pemuda Marind, Septianus Balagaize mengatakan tujuan Perayaan Natal Oikumene Pemuda Marind untuk memberikan ruang pertemuan antara sesama keluarga besar Masyarakat Marind dalam menghayati kelahiran Yesus Kristus Sang Raja Damai, sekaligus merefleksikan makna kehadiran Yesus Kristus di dalam kehidupan Bangsa Marind.

“Peserta yang hadir merupakan seluruh warga Marind Anim yang bermukim di kota. Kami juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat lintas kesukuan yang bermukim di Kota Merauke,” ujarnya.

Perayaan natal kali ini, pihak panitia tidak menyediakan makanan dalam bentuk nasi tetapi menu utama yaitu sagu sep, papeda ikan kuah, pisang, keladi, ubi, sayur bunga pepaya dan daun ubi. Perayaan oikmene mengambil tema ‘Hendaknya damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu,’.

Sementara itu, Bupati Merauke, Frderikus Gebze, SE, M.Si mengungkapkan di Kabupaten Merauke banyak para seniman yang handal dan profesional yang perlu diasah kemampuannya. Nilai-nilai budaya Marind merupakan bagian dari kekayaan bangsa yang perlu terus dilestarikan, sehingga semakin diketahui oleh masyarakat nusantara maupun internasional. Dengan begitu, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar.

Perayaan hari jadi Kota Merauke Tahun 2018 akan menjadi momentum dimana akan mengangkat kembali nilai-nilai budaya Papua secara umum dengan memberikan ruang secara khusus bagi nilai-nilai budaya Marind untuk ditampilkan sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat Marind yang memiliki Tanah Anim-Ha.

Ia juga mengajak seluruh kelompok masyarakat dari suku-suku lain yang ada di Kota Merauke untuk ikut berpartisipasi dalam menampilkan budaya masing-masing, untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Merauke Tahun 2018.