Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bupati ‘Ancam’ Copot Kadis PU

MERAUKE,ARAFURA,- Bupati Merauke Merauke, Frederikus Gebze,SE,M.Si mengancam akan mencopot Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) jika tidak bisa memberikan data terkait tanah-tanah di Kabupaten Merauke yang telah bersertifikat dan yang belum. Waktu yang diberikan oleh Bupati kepada Dinas PU adalah satu minggu.

“Kita butuh data seluruh tanah di Kabupaten Merauke yang sudah tersertifikasi. Ini kepala Dinas PU kewajiban, satu minggu urus. Kalau tidak copot,”tegas Bupati di sela-sela Musrenbang tingkat Distrik Merauke di Bellafiesta, Selasa (6/3).

Menurut Bupati, perencanaan untuk pembangunan infrastruktur baik perkantoran, asrama dan lain-lain itu harus juga merencanakan terkait taanah yang digunakan. Jadi, itu harus melibatkan kepala suku, tuan tanah dan tuan marga sehingga dikemudian hari tidak menimbulkan permasalahan seperti munculnya gugatan dan lain-lain.

“Ini harus dipikitkan oleh kita semua. Kita bantu BPN, tanah mana yang sudah dilepas, tanah mana yang terlepas dan tanah mana yang belum dilepas,”ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas PU, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Merauke, Ir.H.B.L Tobing, M.Eng, ketika dikonfirmasi wartawan menilai apa yang dikatakan oleh Bupati adalah hal yang wajar sebagai seorang pimpinan. Menurutnya, semua data terkait tanah-tanah sudah ada, tinggal diprint dan selanjutnya diserahkan ke Bupati.

“Itu data semua sudah siap, sudah ada di kantor sejak lama, tinggal diprint. Jadi, antisipasi sudah ada pertemuan dengan DPR, saya sudah kirimkan kepada dinas-dinas untuksegera mengirimkan data sertifikat, sudah pernah dibayarkan apa belum. Kita sudah punya data. Tidak sampai seminggu pun jadi,”ungkapnya.