Pasific Pos.com
Papua Tengah

Bulan Tertib, Polres Himbau Warga Taat Lalin

NABIRE – Bulan tertib Lalu Lintas (Lalin) triwulan pertama yang dicanangkan Satuan Lalu Lintas Polres Nabire yang dimulai Januari hingga Maret 2018 mendatang di wilayah hukum Kepolisian Resor Nabire. Selama bulan tersebut, warga masyarakat khususnya pengendara kendaraan dihimbau untuk selalu taat berlalu lintas di jalan raya.

Kasat Lantas Polres Nabire, Iptu Zulkifli Sinaga, S.Ik, kepada media ini menerangkan, dalam bulan tertib Lalin yang dilaksanakan jajarannya itu untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang belakang ini kerap terjadi, bahkan hingga menyebabkan korban jiwa.

Dalam bulan tertib lalu lintas tersebut, sasaran atau dilakukan penindakan terhadap pelanggar yang melawan arus dan pengendara yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI). “Disini, kami menghimbau, pengunaan helm SNI dan khusus di Jalan Sam Ratulangi untuk tidak melawan arus termasuk jalan-jalan satu arah lainnya,” jelas Kasat Lantas.

Awal tahun 2018 ini, di bulan Januari saja ketika satuan yang dipiminnya menggelar kegiatan penertiban atau giat hunting sistem di beberapa titik masih ditemukan banyak pelanggar dengan fokus penindakan terhadap pengendara tanpa helm dan melawan arus.

Ada sekitar 286 pelanggar, terang mantan Kasat Polres Sarmi ini. Dari jumlah atau catatan pihaknya saja terhitung per 26 Januari 2018 kemarin jumlah pelanggar tidak mengunakan helm sebanyak 91 tindakan, 9 melawan arus dan terbanyak surat-surat atau kelengkapan kendaraan 152 pelanggar.

“Ini membuktikan atau sebagai bukti masih kurang kesadaran masyarakat di daerah ini ketika mengendarai kendaraan bermotor,” ungkap mantan Kaur Bin Ops Lantas Polres Nabire ini di ruang kerjanya.(wan)