Pasific Pos.com
Headline Kota Jayapura

Bulan K3, Pegawai PLN UP3 Jayapura Gelar Simulasi Penanganan Korban Kecelakaan Kerja

Simulasi penanganan korban kecelakaan kerja oleh Tim Basarnas Jayapura di Kantor PLN UP3 Jayapura, Kamis, 17 Februari 2022.

Jayapura – Manajemen PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2022, Kamis (17/2/2022).

Dalam kegiatan tersebut, digelar simulasi penanganan korban kecelakaan kerja oleh Tim Basarnas Jayapura, sekaligus cara memadamkan api apabila terjadi insiden kebakaran di tempat kerja.

Manager PLN UP3 Jayapura, Yohanis Soedarmono Tondokusumo mengatakan bahwa simulasi digelar agar para pekerja dapat mengatasi insiden yang terjadi, terutama diri sendiri, orang lain dan aset yang ada.

“Itu semua dibutuhkan mentalitas dari pekerja, oleh karena itu kita mengasah, melatih ilmu yang ada tentang K3, sekaligus melakukan pengecekan terhadap alat pelindung diri atau APD apakah masih berfungsi atau tidak,” kata Yohanis.

Yohanis juga mengingatkan agar pekerja lebih memperhatikan aspek K3. “Proses administrasi sampai eksekusi harus dilengkapi, bahwa insiden tidak akan terjadi kalau kita mengikuti prosedur dalam bekerja,” ucapnya.

Ditambahkan, Bulan K3 sebagai momen untuk melakukan kajian risiko apa yang akan terjadi dan cara menanggulanginya yang harus dimiliki oleh insan PLN.

Setiap unit PLN, kata Yohanis, harus memiliki leadership K3 lantaran perusahaan memperhatikan dengan seksama bahwa apabila terjadi insiden, berdampak luas terhadap pekerja dan material.

“Biaya yang dikeluarkan untuk aset termasuk sumber daya manusia mulai dari perekrutan sampai pendidikan tidak sedikit, sehingga perusahaan memandang perlu memiliki pemimpin K3

Selain simulasi, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama mengutamakan aspek Keselamatan, Kesehatan Kerja, Keamanan dan Perlindungan Lingkungan dalam setiap aktivitas PLN serta penyerahan bantuan tanggap bencana banjir bagi pekerja PLN UP3 Jayapura yang terdampak senilai total Rp30 juta. (Zul)