Pasific Pos.com
Papua Selatan

Buku Kontrol Manual Tunjang Efektivitas Monitoring

MERAUKE,ARAFURA,-Kabid Retribusi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Merauke, B.Rahalus, SH mengemukakan bahwa buku kontrol manual yang ia terapkan selama ini dinilai efektif guna memantau ketertiban pemasangan baliho maupun spanduk-spanduk yang ada di seluruh titik di daerah ini. Buku tersebut tentunya lebih praktis dibawa ketika pihaknya melakukan pengecekan atau monitoring rutin sehingga data yang ada juga bisa tercover selain diback up juga di komputer.

Di dalam buku kontrol tersebut akan tertulis secara detil terkait dengan tanggal pemasangan baliho, pihak pemasang, alamat, nomor telepon pemasang, nomor tiang, tanggal jatuh tempo hingga besar biaya yang dikenakan. Sejak dipercayakan menjadi Kabid Retribusi ia memang fokus menerapkan cara ini dan ternyata sangat efektif hingga sekarang. Ketika melakukan monitoring dan mengetahui ada baliho yang terpasang namun tidak terdaftar di dalam buku kontrol maka pihaknya akan langsung mengetahui bahwa ada pemasangan illegal.

“Begitupun jika sudah masuk jatuh tempo, kita akan langsung menghubungi pihak pemasang agar dapat diturunkan atau ingin diperpanjang. Dengan demikian tidak akan ada spanduk atau baliho yang terlalu lama dipasang sehingga menjadi lapuk khususnya di tiang-tiang reklame milik Pemda,”jelas B.Rahalus kepada ARAFURA News di ruang kerjanya, Selasa, (22/2) lalu. Lebih lanjut ia mengungkapkan, setiap melakukan monitoring dirinya dan beberapa staf lainnya disebar di sejumlah titik dengan jumlah rata-rata 3 petugas untuk satu titik.

Monitoring sendiri rutin dilakukan sebulan sekali namun jika dalam waktu-waktu tertentu pihaknya mendapati ada pemasangan spanduk baru tetap akan langsung dicek, apakah sudah terdaftar atau belum. Hal ini sudah sering dilakukan sehingga bagi pihak-pihak pemasang tidak bisa berkelit dan akhirnya mau memenuhi kewajiban membayar. “Intinya apa yang kita lakukan semata-mata untuk penegakan aturan dan sejauh ini masih dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti,”terangnya lagi.