Pasific Pos.com
Papua Tengah

Bukan Hanya Pemerintah, Gereja Punya Tugas Sama Dorong Ekonomi Kerakyatan

NABIRE – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Drs. Fransiskus Xaverius Mote, M.Si ketika melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Nabire mengatakan, bukan tugas pemerintah saja yang mendorong ekonomi kerakyatan, akan tetapi tugas ini bisa dilaksanakan oleh pihak gereja maupun masjid dan tempat ibadah lainnya.

Alasanya karena berbicara soal kedekatan masyarakat atau umat Tuhan itu selalu sangat dekat dengan para pemimpin–pemimpin gereja atau mesjid, sehingga pihak gereja dan mesjid juga punya kewajiban yang sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di bidang perikanan maupun bidang lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Nabire.

Untuk itu, saat kehadirannya dan bertemu langsung dengan pihak Gereja Kristen Injili (GKI) dari Klasis Nabire Kota, Klasis Nabire Timur dan bakal Klasis Nabire Barat, Mote meminta agar tiga Klasis GKI di Nabire sudah mulai mengambil langkah dengan membuat Koperasi Nelayan dan juga kelompok-kelompok Nelayan ditiap-tiap Jemaat GKI.

“Jika pemerintah sudah mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat lewat segala bantuan dan perhatian, saya kira kini saatnya juga bagi pihak gereja dan mesjid untuk mengambil langkah membangun ekonomi masyarakat, sehingga lewat kesempatan ini dirinya berpesan jangan takut buat hal yang benar, walaupun tidak disetujui oleh satu dua orang,” tekannya.

Dan apabila pihak gereja dan mesjid mengambil langkah yang positif untuk memajukan ekonomi masyarakat, secara pribadi dirinya berpikir itu bukan hal yang salah, karena gereja dan pemerintah itu mitra kerja yang sangat erat hubungan kerja, karena selama ini pihak gereja dan masjid telah banyak melakukan hal–hal yang terbaik bagi masyarakat.(des)