Pasific Pos.com
Papua Selatan

Budi : ”Medco Benar-Benar Konsen Untuk Papua”

MERAUKE,ARAFURA,-Direktur Utama Medco Papua Group, Budi Basuki mengemukakan bahwa perusahaan Medco sudah cukup lama beroperasi di Kabupaten Merauke dan masih eksis hingga saat ini. Selama beroperasi, Medco benar-benar konsen untuk Papua dan tetap berupaya untuk bersama-sama membangun daerah ini. Apalagi Medco juga merupakan perusahaan energi maka besar harapan agar energi terbarukan bisa hadir dari Merauke atau kawasan selatan Papua ini.

Tentunya dengan didukung oleh potensi yang masih sangat besar di Merauke. Indonesia ini sangat membutuhkan pangan dan ketergantungan terhadap pangan ini tentu akan sangat mengkhawatirkan. Memang jika dilihat dari langkah alternatifnya, hanya di selatan Papua yang dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan. Memang apa yang akan dilakukan tidak semudah yang dibayangkan namun pihaknya tetap berupaya dan mencoba untuk mengkombinasikan antara potensi yang ada di bidang pertanian dengan pengembangan energi.

Perusahaan juga melihat apa saja yang bisa dilakukan di luar bisnis salah satunya di bidang pendidikan dimana telah dilakukan kerja sama dengan Diknas Pusat untuk mengembangkan kampus lapangan. Jadi perusahaan menyediakan tempat sehingga para siswa SMK dapat melakukan praktek secara full dan lebih baik lagi. Dalam hal ini sejumlah SMK Pertanian telah difasilitasi untuk itu. Namun sebenarnya masih banyak tantangan yang harus dilalui ke depan. Sebab menurutnya, SMK menjadi ujung tombak yang harus diperhatikan. Oleh sebab itu karena pihaknya bergerak di bidang pertanian dan kehutanan sehingga ikut serta membantu.

Bahkan perusahaan berkeinginan untuk mendampingi para petani agar bisa lebih produktif dan menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi. Lebih lanjut ia mengungkapkan, berbagai upaya untuk pertanian tetap akan dilakukan. Namun diakui riset atau penelitian pertanian masih perlu ditingkatkan dan diharapkan lebih spesifik lagi. “Saya berharap kita bisa bersama-sama melihat hal-hal yang dapat dilakukan termasuk dengan pemerintah. Saya melihat ini sebagai potensi untuk kita bisa melakukan kerja sama dan lain sebagainya secara khusus untuk mengatasi masalah pertanian,”terangnya saat penyerahan bantuan buku dari Medco Foundation di Gedung Rektorat Unmus Kamis lalu.