Pasific Pos.com
Papua Barat

Budaya Bisa Pengaruhi Tingkat Kemiskinan di Suatu Daerah

Manokwari, TP – Tingkat kemiskinan di suatu daerah, dipengaruhi banyak faktor, salah satunya factor budaya yang berkembang di tempat tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Manokwari, Mustamin mengakui jika tingkat kemiskinan bisa dipengaruhi faktor budaya di suatu daerah.

“Budaya bisa menjadi penyebab kemiskinan, karena dalam kehidupan masyarakat sosial, budaya-lah yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat, sehingga tidak heran jika masyarakat sulit keluar dari budayanya,” terang Mustamin yang ditemui Tabura Pos di kantornya, Jumat (5/1/18).

Selain budaya, Mustamin menjelaskan, tingkat kemiskinan juga bisa dipengaruhi oleh tingkat pelayanan kesehatan yang sulit diperoleh masyarakat. Bukan itu saja, ia menambahkan, tingkat ekonomi dan pendidikan juga bisa mempengaruhi tingkat kemiskinan, dimana masyarakat sulit mengenyam pendidikan.

“Seharusnya pemerintah daerah bisa mendobrak itu, bagaimana masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan maupun ekonomi agar masyarakat tidak selalu terbelenggu oleh kemiskinan,” papar Mustamin.
Dirinya menerangkan, jika masyarakat kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan, maka mereka sulit untuk hidup sehat dan hal itu bisa mempengaruhi produktivitas, begitu pula jika masyarakat sulit merasakan ekonomi yang layak, maka sulit juga berkembang.

“Maka dari itu, pemerintah harus bisa melihat dari berbagai faktor penyebabnya. Jika kesehatan mereka yang menjadi factor, bisa di-back up secara baik. Begitu juga dengan pendidikan dan ekonomi mereka, jika maju, maka tentu daerah itu akan maju, termasuk masyarakatnya,” pungkas Mustamin. [CR42-R1]