Pasific Pos.com
Kota Jayapura

BTM : Pemkot Bertanggung Jawab Atas Pasar Mama Papua

Jayapura, – Sesuai permintaan Presiden RI Joko Widodo dimana setelah pelantikan Walikota Jayapura maka Walikota akan meresmikan pasar mama-mama Papua, dalam hal ini Walikota Jayapura, Drs. Benhur Tomi Mano MM bertanggung jawab penuh atas nasib pasar tersebut.

BTM menegaskan Pemerintah Kota Jayapura sudah mengambil langkah-langkah untuk mensukseskan pasar mama-mama tersebut, yakni sudah melakukan kordinasi dengan pemilik hak ulayat tanah itu dari suku Ireo dan suku Hay.

“Itu urusan saya, hak ulayat dan Pemerintah Kota bertanggung jawab penuh atas pasar, dan saya selaku anak adat juga bertanggung jawab atas tanah itu,” tegas BTM saat memimpin rapat persiapan pengoperasian pasar mama-mama Papua di ruang rapat Walikota yang dihadiri DPRD Kota, DPRP, Kodim 1701, Polres Jayapura Kota, Pimpinan DAMRI, dan Pimpinan Telkom Papua Jumat (9/2/18) siang.

Dijelaskan BTM pihaknya juga sudah melakukan negoisasi kepada kedua suku tersebut.

Pemerintah Kota bersama Pokja Papua juga sudah mengadakan pelatihan-pelatihan kepada mama-mama yang berjualan di pasar lama juga melibatkan OPD-OPD yang ada di Pemerintah Kota dan Provinsi.

Cara lain yang sudah dilakukan Pemkot untuk memudahkan para mama-mama tersebut dalam berdagang, kata BTM tidak cukup sekedar melatih kemampuan mereka dalam berjualan, akan tetapi harus dibarengi dengan kepercayaan penuh yakni berupa sertifikat.

“Jadi setelah kami latih, mereka juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa mereka bawa ke Bank Mandiri untuk mendapatkan kuncuran dana untuk mereka berjualan,” jelasnya.

Bantuk perhatian lainnya yang diberikan Pemkot untuk memfasilitasi kebutuhan mama-mama tersebut dalam berjualan, pihaknya juga sudah memberikan satu unit mobil truk atap tertutup untuk mengantar jemput jualan mereka masing-masing.

“Karena selama ini untuk mengambil barang dari tempat satu ke tempat lain mama-mama ini harus menggunakan ojek, saya tidak mau mereka susah maka dari itu saya berikan satu unit truk ini untuk mempermudah jalan mereka dalam berdagang,” tutupnya.