Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bripka Muh.Idrus, Dai Kamtibmas Yang Dekat Dengan Warga

Bhabinkamtibmas Kelurahan Samkai Polsek Merauke Kota, Bripka Muh.Idrus (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Bhabinkamtibmas Kelurahan Samkai Polsek Merauke Kota, Bripka Muh.Idrus tentunya merasa bangga karena berhasil mendapatkan penghargaan karena mampu menunjukkan kinerja yang positif dalam hal ini meraih juara ketiga lomba ‘Dai Kamtibmas’.

Kapolres Merauke AKBP A. Ary Purwanto, SIK tentunya sangat mengapresiasi anggotanya yang satu ini karena berhasil meraih prestasi untuk ajang bergengsi se-Polda Papua itu. Bripka Muh.Idrus telah menerima piagam penghargaan dari Kapolda Papua yang diserahkan oleh Kapolres Merauke, AKBP Ary Purwanto,S.IK di lapangan apel Mapolres Merauke Senin lalu.

Kepada wartawan di ruang kerja Humas Polres Merauke usai menerima piagam, Bripka Muh. Idrus mengemukakan bahwa dirinya mulai bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Samkai Distrik Merauke sejak tahun 2015 hingga saat ini.

Dalam kesehariannya, ia selalu bersama masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas karena fungsi Bhabinkamtibmas sendiri untuk menghindari atau sebagai langkah pencegahan dini terhadap terjadinya aksi-aksi kejahatan.

Pria kelahiran Makassar 10 Mei 1971 yang mengawali kariernya di kepolisian mulai tahun 1993 silam dengan pangkat Bharada  itu, cukup dekat dengan masyarakat.

Apalagi di kalangan para nelayan, namanya cukup harum. Pasalnya, ia selalu memiliki ide atau gagasan yang bisa diterima oleh masyarakat. Ia juga selalu berupaya mencari solusi dari kendala-kendala yang dialami masyarakat. Dengan kata lain, upaya pendekatan yang selama ini sudah dilakukan mampu berhasil dengan baik.

“Sebagai fungsi Binmas, saya selalu mengedepankan persuasif dan  3 S (senyum, sapa dan salam) dalam bertugas. karena, inilah yang dianjurkan Polri,”ujarnya.

Dalam kesehariannya, Bintara Polri yang memiliki tiga anak ini banyak melakukan kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan. Bahkan, ia sering mengisi khotbah di masjid saat Shalat Jumat serta dipercayakan menjadi Ketua Pengurus Kesejahteraan Masjid (PKM) di salah satu masjid, di pesisir pantai Lampu Satu.

Selama bertugas, Bripka Idrus berprinsip bagaimana mempolisikan masyarakat dan bagaimana mereka mencintai Polri sebagai mitra. Tidak heran masyarakat nelayanpun sangat mengenal dan mengapresiasi sosok polisi ini, dengan senyuman yang khas yang sangat dekat dengan masyarakat hingga membuat rumah kantor Bhabinkamtibmas di kediamannya.

Bripka Idrus mengajak seluruh anggota Polri, khususnya anggota Bhabinkamtibmas untuk selalu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan negara. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat kepada Polri semakin meningkat, pasalnya Polri sendiri merupakan pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Ia sendiri termotivasi menjadi anggota Polri karena menurutnya, polisi mengajarkan kedisiplinan serta memiliki tugas mengajak, menjaga, mengimhbau dan membina yang merupakan pekerjaan mulia. “Pada prinsipnya, dimana pun kita ditugaskan oleh pimpinan, bertugaslah dengan baik dan selalu mencintai pekerjaan sebab di balik pekerjaan itu ada hikmahnya,” kata pria yang hobi memancing ini.

Artikel Terkait

Sambangi Polres Merauke, Ini Pesan Wakapolda

Arafura News

Satu Lagi Terduga Teroris Ditangkap

Arafura News

Resmikan Poskamling, Kapolres Merauke Disambut Antusias Warga

Arafura News

Kapolres: Bijak Gunakan Medsos, Jangan Lecehkan Institusi Negara

Arafura News

AKBP Untung Sangaji Sukses Latih Seorang Pendeta Membuat Kancing Batok Kelapa

Arafura News

Satu Lagi Prestasi Polres Merauke

Arafura News

Pasca Kerusuhan, Kapolres Bakal Tugaskan Polisi Jaga Area Lapas

Afrans

Kembali Pimpin Razia, Kapolres Berhasil Sita 32 Sajam Milik Napi

Afrans

Upaya Kapolres Atasi Kasus Pengeroyokan Lapas

Afrans