Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

BPS Papua Jamin Keamanan Data Pengguna Aplikasi SIMACE

Kepala BPS Provinsi Papua, Adriana Helena Robaha.

Jayapura – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua telah melaunching aplikasi SIMACE atau Statistical Management And Collaboration System, di Kota Jayapura, Selasa (30/11/2021).

Sub Koordinator Fungsi Desimenasi dan Layanan Statistik BPS Provinsi Papua, Ikvina Hairani menyampaikan bahwa pihaknya menjamin keamanan data pengguna aplikasi SIMACE.

“Kita paham bahwa ada privaci data personal yang biasa digunakan ketika mengunduh satu aplikasi, namun bagi pengguna aplikasi SIMACE, tidak perlu khawatir karena kita tidak meminta banyak data pribadi, hanya sebatas nama dan alamat email,” jelas Hairani.

Hairani mengungkapkan bahwa seluruh data yang telah diberikan pengguna aplikasi tersebut, secara otomatis tersimpan di server BPS yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu yang memiliki kewenangan.

“Di internal kami memiliki sistem keamanan data yang sudah ditentukan siapa saja yang bisa mengakses. Bahkan pimpinan kami pun tidak bisa mengakses itu. Jika ada data yang bocor, maka kita bisa cepat mengetahui siapa yang melakukannya,” jelas Hairani.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Papua, Adriana Helena Robaha mengatakan, aplikasi SIMACE sesuai dengan fungsi BPS sebagai pembina statistik untuk mempermudah organisasi perangkat daerah atau OPD memperoleh data statistik.

“Kita buat aplikasi ini untuk mempermudah OPD dalam melakukan pendataan statistik yang telah mengikuti standar Satu Data Indonesia atau SDI, jadi tidak perlu lagi datang ke kantor BPS,” kata Adriana.

Dia mengatakan, selain OPD atau instansi lainnya yang memerlukan data statistik, mahasiswa dan jurnalis juga dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut. (Zulkifli)