Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

BPR Irian Sentosa Salurkan Kredit Sebesar 963 Miliar

 

Jayapura – Manajemen Bank Perkeditan Rakyat Irian Sentosa (BPR Irsen) mencatat pada semester satu tahun 2018 (Januari-Juni), penyaluran kredit sebesar Rp963 miliar.

Direktur Utama BPR Irsen, Arif Windarto menyebutkan, penyaluran kredit pada semester satu tahun 2018 hanya tercapai 87 persen dari target Rp1,1 triliun.

“Hanya tercapai 87 persen, penyebabnya hari libur cukup banyak berpengaruh ke hari kerja sedikit dan kebijakan pemerintah menetapkan gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil juga tunjangan hari raya, “kata Arif, di Kota Jayapura, Selasa (3/7/2018).

Kebijakan itu, kata Arif, sangat dirasakan oleh pihaknya lantaran orang tak membutuhkan kredit karena memiliki uang lebih. Walau demikian, Arif menegaskan tetap mendukung kebijakan pemerintah.

“Biasanya momen bulan Juni itu waktu libur anak sekolah, orang butuh dana dengan mengambil kredit di bank, apalagi debitur kami lebih banyak dari pegawai berpenghasilan tetap atau kredit konsumtif, “kata Arif.

Arif juga mengaku, dana pihak ketiga (DPK) berupa tabungan dan deposito serta aset tak tercapai pada semester satu tahun 2018.

Realisasi DPK hanya tercapai Rp412 miliar atau 91 persen dari target Rp412 miliar, sedangkan aset tercapai Rp1,1 triliun atau 91 persen dari target Rp1,2 triliun.

“Dari parameter utama yakni aset, kredit dan simpanan tak tercapai, tapi ini bukan faktor kinerja BPR Irsen menurun tapi penyebab yang saya sudah sebutkan itu, tapi kami optimis dapat tercapai di semester dua tahun 2018, “ujarnya.

Sementara itu, untuk mencapai target pada semester dua tahun ini, pihaknya akan mempercepat pembukaan kantor cabang dan menambah sumber daya manusia berkualitas.

“Pekan ketiga kami akan lakukan training untuk tenaga marketing agar bekerja lebih baik lagi, “kata Arif.