Pasific Pos.com
Papua Barat

BPK akan Periksa BKU dan Rekening Koran Bank OPD

Manokwari, TP – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Papua Barat, akan memastikan langsung penggunaan keuangan tahun anggaran 2017 di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dengan memeriksa Buku Kas Umum (BKU) dan rekening Koran di Bank .

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari, Ensemy S. Mosso mengatakan, pemeriksaan akan berlangsung selama seminggu sejak Senin (19/2) dengan jadwal setiap hari tim akan melakukan pemeriksaan ke 12 OPD.

Mosso menjelaskan, dalam pemeriksaaan kali ini, tim dari BPK-RI Perwakilan Papua Barat tidak main-main, karena akan langsung meng-crosscheck laporan keuangan dari BKU dan rekening koran Bank dari setiap OPD.

“Setelah BPK melakukan crosscheck antara BKU dan juga rekening koran Bank, kemudian akan dilihat dan disesuaikan dengan laporan pertanggungjawaban keuangan pemerintah kabupaten Manokwari tahun anggaran 2017,” jelas Mosso saat ditemui wartawan di Kantor Bupati, Senin (19/2).

Demi kelancaran pemeriksaan tahunan ini, Ia berharap seluruh pimpinan OPD dan bendahara pengeluaran menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Ia juga meminta setiap pimpinan OPD dan bendahara tetap berada ditempat saat pemeriksaan dilakukan, agar berjalan dengan baik.

“ Saya berharap setiap OPD untuk memperhatikan jadwal pemeriksaan yang sudah dibuat,” pungkas mantan Kepala Bagian Keuangan Setwan DPRD Kabupaten Manokwari ini. [SDR-R2]