Pasific Pos.com
Papua Selatan

BPJS Kesehatan Tidak Punya Wewenang Membatalkan Kepesertaan PBI

Kepesertaan PBI
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Achmad Zainuddin (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Achmad Zainuddin menegaskan bahwa terkait dengan kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) maka dalam pelaksanaannya BPJS Kesehatan hanya bersifat sebagai penerima data. Dalam hal ini berasal dari Kementerian Sosial yang berwenang membuat SK penetapan peserta PBI tersebut. Datanya tentu saja dari instansi terkait dengan melalui proses pendaftaran peserta PBI. Jika ditanyakan, apakah BPJS Kesehatan mempunyai hak untuk memilah atau memverifikasi maka jawabannya adalah tidak karena yang berkompeten untuk itu adalah Dinas Sosial dan Kementerian Sosial terkait dengan validasi dan verifikasi terhadap keabsahan peserta tersebut.

“Adapun yang menjadi tolak ukur bagi peserta PBI antara lain masyarakat yang bersangkutan memang didaftarkan langsung oleh pemerintah melalui surat keputusan dari Kementerian Sosial dan kita dalam hal ini hanya menerima data. BPJS Kesehatan tidak punya wewenang untuk membatalkan kepesertaan PBI yang bersangkutan dan yang bisa membatalkan adalah dari kementerian terkait,”jelasnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel kemarin.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, jika pada satu kondisi ternyata BPJS Kesehatan pada akhirnya mengetahui bahwa peserta yang bersangkutan tergolong orang mampu tetap saja BPJS tidak mempunyai hak untuk membatalkan kepesertaannya. Ia mencontohkan tayangan iklan sebelum tahun 2014 lalu terkait dengan kepesertaan Jamkesmas yang memperlihatkan ada peserta Jamkesmas yang mempunyai perhiasan emas sehingga langsung diberikan himbauan agar masyarakat yang tidak berhak masuk sebagai kepesertaan PBI agar dapat melaporkan diri sehingga bisa dikeluarkan.

Artikel Terkait

Terkait Kanal Alternatif, Inovasi Terus Dilakukan

Arafura News

Pandawa, Layanan Terbaru BPJS Kesehatan

Arafura News

Gelar Meet And Greet, BPJS Kesehatan Beri Sejumlah Award

Arafura News

dr Nevil : Peran Pemerintah Sebagai Regulator

Arafura News

BPJS Kesehatan Merauke Gelar Pertemuan TKMKB

Arafura News

Cakupan Kepesertaan JKN-KIS di Kota Jayapura Mencapai 433.135 Jiwa

Zulkifli

BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja Jamin Korban Laka Lantas

Zulkifli

Ini Rincian Iuran JKN-KIS yang Disesuaikan

Zulkifli

Pastikan Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan Jayapura Lakukan Ini

Zulkifli