Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Chatbot Bersama CHIKA dan VIKA

Layanan Chatbot CHIKA dan VIKA
Saat pemaparan layanan chatbot CHIKA dan VIKA.

Jayapura – Dalam pencegahan dan penanganan penyebaran corona virus disease (Covid-19), BPJS Kesehatan hadirkan layanan chatbot bersama CHIKA dan VIKA.

Kini bpjs kesehatan punya banyak opsi dalam mengakses layanan seputar JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat) tanpa perlu repot ke kantor BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Jayapura, Djamal Adriansyah menjelaskan, CHIKA yang merupakan Chat Asistant JKN adalah sebuah pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon oleh sistem Facebook Messenger, Telegram dan WhatsApp.

“Dengan memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Telegram dan Facebook Messenger, kini peserta JKN – KIS dapat mengajukan informasi dan pengaduan telepon ke 1500 400 tanpa harus meninggalkan rumah dan dapat diakses 24 nonstop,” terang Djamal, Jumat (19/6).

Djamal menjelaskan bahwa layanan Chika ini bisa diakses melalui link atau official phone number yang mewakili setiap aplikasi yang telah ditentukan seperti Facebook Massenger (https://wwwfacebook.com/BPJSKesehatanRI/) dapat diakses melalui halaman resmi Facebook BPJS Kesehatan kemudian klik tombol facebook Messenger untuk berinteraksi dengan Chika dan untuk Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot) dan bisa di search BPJSKes_bot sedangkan untuk WhatsApp hanya menyimpan nomor Chika (08118750400) langsung dapat berinteraksi.

Nantinya sistem akan merespon apa saja yang sudah menjadi kebutuhan peserta.

Sementara VIKA merupakan pelayanan informasi melalui mesin penjawab untuk mengecek status tagihan maupun mengajukan pertanyaan atau pengaduan terkait program JKN – KIS.

“VIKA sama dengan call center yang sudah ada, masyarakat bisa menelepon ke nomor 1500 400 dan akan di jawab petugas kami langsung dan akan dipandu untuk memilih menu layanan dengan menekan angka 1 untuk mengecek status kepesertaan dan angka 2 untuk cek tagihan,” ucapnya.

Dengan tambahan media baru ini tentu menambah pilihan peserta selain bisa mengakses aplikasi Mobile JKN dan Care Center 1500 400 yang lebih dulu ada.

“Dengan kondisi saat ini kita tidak bisa kontak langsung, maka salah satu alternatif yang kami keluarkan adalah layanan CHIKA Dan VIKA,” Imbuhnya.

Djamal juga mengataka pelayanan di kantor cabang tetap berjalan terutama saat masa pandemi ini.

Selama masa pandemi BPJS Kesehatan memberikan pelayanan terbatas yang diberikan kepada peserta tertentu dan ada kriterianya.

Secara umum posisinya harus sangat membutuhkan layanan yaitu kategori sedang dirawat, akan dirawat, dan sudah dirawat.

Artikel Terkait

Cakupan Kepesertaan JKN-KIS di Kota Jayapura Mencapai 433.135 Jiwa

Zulkifli

BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja Jamin Korban Laka Lantas

Zulkifli

Ini Rincian Iuran JKN-KIS yang Disesuaikan

Zulkifli

Pastikan Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan Jayapura Lakukan Ini

Zulkifli

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Soal Relaksasi Iuran

Arafura News

Pakai JKN KIS, Rihana Tak Merasa Diperlakukan Berbeda

Arafura News

Pemerintah Pusat Dinilai Tidak Etis Jika Menaikan Iuran BPJS Kesehatan Di tengah Covid-19

Tiara

Perpres 64/2020: Pemerintah Beri Bantuan Untuk Peserta JKN-KIS Kelas III

Arafura News

Iuran Peserta JKN-KIS Segmen PBPU dan BP Telah Disesuaikan

Zulkifli