Pasific Pos.com
Papua Barat

BPBD Diminta Fokus Tangani Korban Banjir di Kampung Kali Merah Masni

Manokwari, TP – Bencana banjir yang menimpa 400 keluarga di Kampung Kali Merah, Distrik Masni, menjadi perhatian Asisten I Setda Manokwari, Wanto, saat memimpin apel gabungan di kantor bupati, Senin (16/7).

Dirinya, meminta agar Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manokwari, lebih fokus menangani bencana alam banjir tersebut.

“Ada pesan dari pak wakil bupati bahwa BPBD diminta lebih fokus untuk menangani korban banjir di Kampung Kali Merah, distrik Masni,” demikian kata Wanto.

Wanto mengungkapkan, bencana alam serupa pernah terjadi sekitar 4 tahun lalu, di tempat yang sama.

“4 tahun lalu, saya pernah mendampingi bupati kesana, memang disana rawan banjir. Saat itu, warga minta direlokasi, namun kita belum tahu mau direlokasi dimana, karena setiap lokasi ada tuannya,” ungkap Wanto.

Oleh sebab itu, agar tidak menimbulkan lebih banyak dampak, maka BPBD Kabupaten Manokwari diminta lebih fokus menangani korban banjir tersebut.

Sementara, Plt Kepala BPBD Kabupaten Manokwari, J. Jaftoran, mengatakan langkah awal penanganan bencana banjir sudah dilakukan yakni dengan mendirikan tenda-tenda pengungsian sementara bagi korban banjir.

Di samping itu kata Jaftoran, pihak Pemkab Manokwari juga sudah mendistribusikan bantuan berupa beras, supermi, gula, dan teh, untuk mensuplai bahan makanan, serta menyediakan layanan air bersih.

Saat ini, sebagian korban telah menempati tenda-tenda pengungsian yang didirikan BPBD, seraya menunggu air surut untum membersihkan rumahnya. [SDR]