Pasific Pos.com
Papua Selatan

BNNP:”Merauke Sasaran Peredaran Narkoba”

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Badan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua, Brigjen Pol. Drs. Muh Abdul Kadir,M.Si mengatakan Kabupaten Merauke saat ini telah menjadi salah satu daerah tujuan peredaran Narkoba. Menurutnya, pihaknya tidak hanya sekedar menganalisis dan mengkaji, tetapi telah dibuktikan bahwa Merauke sudah menjadi sasaran peredaran Narkoba.

“Hari ini kita menyaksikan. Kita sudah melakukan proses panjang, memang Narkoba itu sebuah jaringan. Narkoba tidak berdiri sendiri, tetapi sebuah jaringan. Maka, sudah dipastikan setiap terjadinya kasus, pasti dia sebuah jaringan yang melibatkan beberapa orang dan beberapa daerah,”ungkapnya saat penyerahan tersangka dan barang bukti penyalahgunaan Narkoba di Halaman Mapolres Merauke, Kamis (1/3).

Karena itu, BNNP Papua sangat berkepentingan untuk melakukan tindakan-tindakan terkait dengan pencegahan dan pemberantasan Narkoba di Papua termasuk Kabupaten Merauke. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada Polres Merauke dan Sat narkoba Polres Merauke, atas kerjasama dan sinergitas yang telah dibangun sehingga upaya pengungkapan bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, memasuki Tahun 2018 ini, Polres Merauke telah berhasil mengungkap tujuh laporan polisi terkasit kasus penyalahgunaan Narkoba. Dari tujuh LP tersebut, ada sebanyak delapan orang terangka. Jumlah tersebut telah melebihi target, dimana untuk Tahun 2018 Polres Merauke ditargetkan mengungkap enam kasus Narkoba.

“Kami memang ada kendala, tetapi untuk Narkoba tidak akan menjadi kendala. Kami akan maju terus. Walaupun kami dijatah enam kasus setahun. Ini sudah over. Kebijakan dari Kapolres, kami akan menggunakan dana dun ops,”ungkap Wakapolres, Kompol I Nyoman Punia,S.Sos.

Adapun ketiga tersangka yang diserahkan dari BNNP Papua ke Sat Narkoba Polres Merauke masing-masing berinisial M, B alias E dan SP alias C. Selain ketiga tersangka, juga diserahkan barang bukti Narkoba jenis shabu sebanyak 26 paket dengan total berat kurang lebih 15 gram.