Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

BNNK Jayapura Musnahkan 222 Gram Ganja Kering

SENTANI – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Jayapura bersama Kejaksaan Negeri Jayapura, Balai POM Jayapura, dan Polres Jayapura memusnahkan ganja kering seberat 222 gram, Rabu (7/2/18) pagi.

Pemusnahan dilakukan di depan Kantor BNN Kabupaten Jayapura didahului penadatanganan oleh Kepala BNN Kabupaten Jayapura, Arianto, M. Pd, perwakilan Kejari, Balai POM Kabupaten Jayapura dan Polres Jayapura.

Usai pemusnahan, Arianto mengatakan bahwa pemusnahan terhadap barang bukti (BB) ganja ini merupakan hasil razia yang dilakukan langsung oleh BNNK bersama dengan pihak Kepolisian Polres Jayapura.

” Ganja yang kita musnahkan hari ini merupakan hasil tangkapan yang kami lakukan dengan Polres Jayapura selama bulan Januari 2018,” kata Arianto.

Lanjut Arianto, dari pemeriksaan terhadap para pelaku, rata-rata mereka menggunakan ganja kurang lebih 2 tahun.

” Dari pengakuannya, mereka mendapat ganja ini dengan cara barter hp dengan ganja dari salah satu pengedar di kota Jayapura (dok IX),” ungkapnya.

Selain itu, BNNK Jayapura juga menangkap 4 orang pengguna ganja, dimana dua diantaranya adalah pelajar di salahsatu sekolah di Kota Sentani.

” Ada empat pelaku yang kita amankan juga, yakni MYN alias Megit (17), JFN alias Relan (18), FRD alias Acong (21), dan ZP alias Jack (22). Dua diantaranya masih pelajar,” ujarnya.

Dikatakan, empat pengguna bersama barang bukti diamankan dibeberapa tempat berbeda, diantaranya untuk tersangka FRD diamankan pada tanggal 21 Januari 2018 bersama barang bukti 4 pohon ganja di Sabron Yaru Distrik Sentani Barat , dan tersangka MYN, JFN, dan ZP yang diamankan saat rasia di batas kota pada tanggal 25 Januari 2018 yang lalu di Distrik Sentani Timur.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 111, 112 (UU nomor 35 tahun 2009) dan 127 dengan hukuman minimal 5 tahun penjara dan maksimal 14 tahun penjara.