Pasific Pos.com
Kriminal

BNN Papua Tangkap Jaringan Pengedar Ganja

Jayapura, – Anggota Badan Narkotika Provinsi Papua (BNNP) berhasil menangkap seorang pria berinisial MR (28) lantaran memiliki puluhan bungkus ganja kering siap edar Minggu (4/3/18).

Pelaku ditangkap personil BNN saat berada rumah kontrakan yang beralamat di seputaran Komplek Waena Distrik Heram. Dari penggeledahan petugas berhasil mengamankan barang bukti ganja kering yang dikemas di dalam bungkusan kecil sebanyak 23 bungkus serta dua plastik berukuran besar.

Kepala Bidang Penindakan BNN Papua, AKBP Syafei, mengungkapkan sampai saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan oleh penyidik BNN Papua untuk proses lebih lanjut.

“Dari hasil pemeriksaan sementara pelaku mengakui barang haram itu bukan miliknya melainkan milik rekannya yang disimpan di tempatnya, dari hasil keterangannya pelaku tetap diproses sesuai hukum yang berlaku,”jelasnya Senin (5/3/18) siang di ruang kerjanya.

Kata Syafei, selain MR ada nama pelaku lainnya berhasil dikantongi identitasnya terkait kepemilikan ganja itu.

“Ada satu nama yakni Y yang kini masih dalam pengembangan” Ujarnya.

Lanjut Syafei, rencana barang haram itu belum sempat diedarkan, namun dari keterangan nantinya barang itu akan diedarkan di seputaran kota Jayapura.

“Mereka rencana mau pasarkan namun berhasil kami gagalkan, dan perpaketnya mereka jual seharga Rp.50 ribu,” Tuturnya.

Kata Syafei selain pengedar MR juga positif menggunakan Ganja.

“Dari hasil tes urin pelaku positif menggunakan ganja, dan diduga pelaku merupakan jaringan pengedar ganja dari PNG,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan atas perbuatanya pelaku dijerat dengan pasal 111 ayat 1 undang undang nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman penjara 4 sampai dengan 8 tahun.