Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

BKPSDM Siapkan ASN Dukung Kebijakan Distrik Sebagai Pusat Pelayanan

SENTANI – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jayapura menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ditempatkan pada sejumlah distrik yang ditunjuk sebagai pusat pelatihan, pusat pemberdayaan, pusat data dan pusat informasi.

“Dalam proses penerimaan CPNS lalu, kami menyediakan formasi khusus yang akan ditempatkan di distrik guna mendukung kebijakan bupati tentang distrik sebagai pusat pelayanan,” ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Jayapura, Aleks Rumbobiar di sela-sela acara pengukuhan pegurus Korpri Kabupaten Jayapura kemarin.

Dikatakan, penerimaan CPNS tersebut yang kemudian akan di tempatkan di distrik itu diantaranya termasuk tenaga pengajar dan perawat. Sebab tenaga perawat dan pengajar juga dibutuhkan dalam mewujudkan nyatakan kebijakan bupati itu.

Menurutnya, dalam beberapa kesempatan, bupati selalu menekankan bahwa pentingnya ketersediaan ASN yang kompeten di distrik guna menjalankan kebijakan pelimpahan sebagian kewenangan pemerintah daerah ke tingkat distrik.

“Sehingga kami selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tekhnis langsung menyikapinya dengan menyediakan sejumlah formasi di penerimaan CPNS lalu,” ungkap Aleks.

Ditambahkan, dengan ketersedian ASN nanti maka dengan sendirinya persoalan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menunjang upaya pemerintah daerah menjadikan distrik sebagai pusat pelatihan, pusat pemberdayaan, pusat data dan pusat informasi dapat teratasi.

Dirinya menerangkan, setelah enam distrik yang ditetapkan menjadi pilot project sudah terpenuhi SDM nya maka selanjutnya pihaknya akan berupaya menyiapkan SDM lainnya untuk mengisi di distrik-distri lainnya, dengan demikian dalam kurung waktu yang tidak terlalu lama, semua distrik telah siap dengan SDM guna menerima pelimpahan sebagian kewenangan.