Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bisnis Olahan Daging Rusa Masih Menjanjikan

MERAUKE,ARAFURA,-Tidak dapat dipungkiri jika olahan makanan yang terbuat dari daging rusa khas Merauke masih laris dicari sehingga semakin banyak saja yang membuka usaha khusus olahan daging rusa. Salah satunya adalah Quin Rusa yang sukses memasarkan olahan dendeng rusa dengan mengandalkan bumbu rahasia keluarga. Selain daging rusa, dijual pula kepiting dan ikan gastor namun stoknya masih tergantung musim. Pemilik Quin Rusa, Dea Claudia Tandibua kepada ARAFURA News di kediamannya Rabu lalu mengemukakan bahwa usahanya ini kurang lebih sudah berjalan selama 2 tahun dan alasan membuka usaha ini karena dinilai menjanjikan.

Selain itu sudah menjadi bisnis keluarga secara turun temurun dimana pihak nenek dan mertuanya yang tinggal di Kondo memang sudah cukup lama membuat dendeng. Tugasnya di kota yang memasarkan semua produk tersebut dan untuk daging rusa dibeli langsung dari warga setempat. Setelah sang nenek mengirim ke kota barulah tugas pihaknya yang menjual kepada masyarakat. Menurutnya, menjalankan usaha dengan mengolah hasil alam Merauke memang cukup menjanjikan dan pihaknya juga sudah membuktikan dengan semakin banyaknya pelanggan yang memesan.

Kebanyakan pelanggan membeli untuk oleh-oleh atau dikirim kepada kerabat di luar daerah. Untuk ikan gastor biasanya diolah menjadi ikan asin namun jika sedang tidak musim pihaknya hanya bisa memasarkan satu tahun sekali. Beda halnya dengan daging rusa yang masih tersedia setiap saat. Karena semua bahan didatangkan dari Kondo maka untuk harga tetap dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Untuk saat ini pihaknya masih fokus dengan olahan dendeng rusa dan ikan asin gastor saja. Jadi belum mencoba untuk memproduksi olahan makanan lainnya. Pasalnya dengan dua jenis olahan yang ada saja sudah cukup banyak yang membeli terutama di waktu-waktu libur panjang. Jika harus mengalami kekosongan stokpun tidak terlalu lama sebab ketika ada pelanggan yang membutuhkan langsung bisa dikirim dari Kondo.