Pasific Pos.com
Papua Barat

Biro Otsus Gelar Rapat Koordinasi Terkait Pengelolaan Dana Otsus

Manokwari, TP – Biro Administrasi Otonomi Khusus (Otsus) Setda Provinsi Papua Barat menggelar rapat koordinasi pembahasan dan penyelesaian raperdasi dan raperdasus terkait pengelolaan dana otonomi khusus (Otsus).

Kepala Biro Admistrasi Otsus, Setda Provinsi Papua Barat, Makambak Mathias mengatakan, ini merupakan rapat koordinasi pertama yang dilakukan biro administrasi otsus untuk mengkoordinasikan sejuahmana Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola dana otsus ini dapat mengusulkan rancangan mereka.

“Menurut saya rapat ini sangatlah penting, karena kita bicara dana otsus, maka harus diatur dalam produk hukum daerah oleh OPD masing-masing.

Sehingga, dalam rapat koordinasi ini, kita hadirkan Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) dan Fraksi Otsus DPR Papua Barat untuk mengkoordinasikan produk hukum daerah masing-masing OPD,” kata Makambak kepada para wartawan di selah-sela rapat koordinasi yang berlangsung di Mansinam Beach, Manokwari, Kamis (12/7).

Ditambahkan Makambak, dalam rapat koordinasi tersebut, pihaknya menggundang akademisi dari STIH Manokwari, dan Unipa untuk memaparkan gambar evaluasi dana otsus, dengan harapan kedepan masing-masing OPD dapat mengusulkan rancangan ragulasi mereka, baik dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindakop dan lain sebagainya.

“Selama ini, belum ada rapat-rapat seperti ini sehinggam rancangan regulasi-regulasi yang diamanatkan di dalam UU belum berjalan maksimal. tapi, dengan adanya forum ini kita akan tahu sudah berapa regulasi yang dibuat sesusai amanat UU Otsus,” tandasnya. [FSM]