Pasific Pos.com
Info Papua

Bintara yang baru Dilantik akan Diturunkan Dalam PAM Pilkada”

Jayapura, – Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar, menuturkan 332 bintara yang baru dikukuhkan dan dilantik nantinya akan membackup pelaksanaan tahapan pilkada terlebih khusus di 7 kabupaten yang melaksanakan pemilihan kepala daerah.

“Mereka akan ditaruh di Polda dulu dan dibimbing lagi di direktorat Shabara selama dua bulan dan kemudian mereka akan ditaruh di Polres yang akan melaksanakan PAM Pilkada,” ujarnya saat diwawancarai di SPN Polda Papua, Selasa (6/3/18) pagi.

Kata Boy, 332 bintara tersebut belum terhitung bintara dari Polda Papua barat yang baru dilantik sehingga nantinya yang akan membackup pilkada dari bintara baru berjumlah 532 orang.

“Kita sedang berkoordinasi dengan Polda Papua Barat agar bintara baru dilantik jangan dulu ditarik sehingga kami akan memberikan pembekalan dalam pengamanan pilkada nantinya, mengingat polda papua barat akan menurukan 3000 hingga 4000 personilnya sehingga yang ada ini kami bisa manfaatkan,” tuturnya.

Dirinya menerangkan pelatihan yang akan diberikan nantinya berupa keterampilan serta pemahaman terkait dengan pengamanan pilkada hingga di tempat pemungutan suara termasuk antisipasi unjuk rasa.

“Pembekalan ini akan diberikan selama dua bulan ke depan sebelum ditaruh di Polres-Polres yang dianggap masih kurang personil terutama di Polres yang akan menjalankan PAM Pilkada, dan mereka akan terlibat langsung pemungutan termasuk mengamankan TPS,” tuturnya.

Lanjut Boy, sementara untuk penempatan satuan tugas nantinya diatur setelah tahapan pilkada usai hingga pelantikan.

”Tugas Prioritas mereka pertama hanya PAM pilkada dulu, setelah itu baru kita akan alokasikan ke Polres Jajaran untuk penempatan tugas,” ujarnya.