Pasific Pos.com
Olahraga

Bhayangkara FC Permalukan Persipura di Kandang Sendiri

Jayapura,- Tampil dihadapan suporternya, Persipura Jayapura dipaksa menelan pil pahit usai kalah dengan skor 0-2 dari juara bertahan Bhayangkara FC, pada lanjutan Liga I, di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (7/7/2018).

Dua gol anak asuhan Simon Mcmenemy pada laga ini dicetak oleh H. Epandi melalui titik putih pada menit ke 33 dan gol Paulo Sergio di menit 59.

Bermain dihadapan suporternya, Boaz Solossa dkk langsung tancap gas. Mereka bermain dengan agresif dan terus memberikan tekanan kepada pemain Bhayangkara. Alhasil, Persipura memberikan ancaman pertama lewat sepakan keras Ian Louis Kabes dari luar kotak penalti, namun bola masih belum tepat sasaran.

Bhayangkara mencoba memberikan tekanan dimotori agresivitas Paulo Sergio yang beberapa kali mampu melakukan tusukan berbahaya ke area pertahanan Persipura.

tim tamu yang justru mampu unggul lebih dulu lewat sepakan penalti Herman Dzumafo Epandi pada menit ke-33. Skor pun berubah 1-0.

Tertinggal satu gol, Persipura mencoba bangkit. Boaz Solossa mencoba memberikan ancaman. Namun kembali masih jauh dari sasaran. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk tim tamu.

Usai turun minum, Persipura yang masih ditangani asisten pelatih Toni Ho langsung tampil menyerang. Boaz nyaris menyamakan kedudukan, sayang tendangannya masih bisa diblok dengan kaki kiper Bhayangkara, Awan Setho.

Lagi-lagi, Persipura harus tertinggal 0-2 ada menit ke 59 melalui Paulo Sergio setelah menerima umpan sundulan dari Herman Dzumafo yang kemudian mengelabui kiper Persipura Dede Sulaiman.

Tak ingin meraih hasil minor, Persipura terus menggempur pertahanan tim tamu. Peluang kembali didapatkan oleh Persipura, kali ini melalui Marcel Sacramento. Tapi sayang, Marcel yang menerima umpan matang dari Elisa Yahya Basna di dalam kotak penalti, tembakan kaki kirinya masih melambung di atas gawang.

Di sisa waktu yang ada, Boaz dan kawan-kawan terus menggempur pertahanan Bhayangkara. Namun solidnya pertahanan yang digalang Jajang Mulyana dan kawan-kawan membuat para penggawa Persipura menemui kebuntuan.

Bhayangkara pun hanya mengandalkan serangan balik cepat yang cukup bisa merepotkan pertahanan Persipura. Tapi hingga pertandingan berakhir, skor tetap 2-0, untuk keunggulan tim tamu.

Pelatih Bhayarangkara FC Simon Mcmenemy dalam keterangan persnya usai pertandingan mengatakan, timnya bermain sangat bagus dan disiplin.

“Ini kemenangan yang sangat berarti bagi tim Bhayangkara, karena semua pemain bisa tampil bagus dan inilah penampilan terbaik Bhayangkara di Liga I ,” ujarnya.

Sementara pemain Bhayarangkara FC Fendri Mofu mengaku, sangat jarang tim meraih kemenangan di kandang Persipura. Dan kami tim pertama yang bisa kalahkan Persipura musim ini.

Selain itu, katanya, kemenangan ini juga menjadi modal untuk pertandingan lainnya kedepan. Ujar mantan pemain PON Papua itu.

Menanggapi kekalahan ini, carateker pelatih Persipura, Toni Ho, menyebutkan, salah satu penyebab kekalahan tersebut ditengarai adalah kesalahan yang di buat oleh anak asuhannya sendiri.
Namun, anak asuhanya mampu menunjukkan permainan konsisten. “Saya harus mengakui jika dua gol tim lawan akibat kesalahan pemain kita sendiri,” katanya.

Lanjutnya, hasil ini akan menjadi tanggungjawabnya. “Kekalahan ini tentu saya bertanggungjawab kepada manajemen,” tegasnya.

Hasil yang didapat Boaz dalam laga ini bertolak belakang dengan pernyataan Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tommy Mano, yang menginginkan jadikan stadion Mandala sebagai tempat angker tim lawan di Liga I 2018.