Pasific Pos.com
Headline

Bertambah 6, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Papua Jadi 95 Orang

Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Papua Jadi 95 Orang
Info grafis perkembangan Covid-19 Papua, update 17 Maret s/d 18 April 2020

JAYAPURA – Kasus positif terinfeksi COVID-19 di Provinsi Papua bertambah 6 orang, sehingga total menjadi 95 kasus.

Penambahan 6 kasus positif terjangkit virus Corona ini diumumkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua dr. Silwanus Sumule, dalam keterangan persnya, Sabtu (18/4).

dr. Sumule menjelaskan 6 kasus terbaru yang terinfeksi COVID – 19 itu berasal dari Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

“Dari 95 pasien positif tersebut sebanyak 69 orang dalam perawatan di rumah sakit, sementara jumlah pasien yang sembuh 19 orang dan meninggal dunia 7 orang,” kata Sumule.

Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 3.5O7 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 101 orang, dan jumlah sampel yang sudah diperiksa sebanyak 467.

Rincian penyebaran kasus positif covid-19 kabupaten/kota se Papua antara lain, Kota Jayapura jumlah 28 pasien positif, 18 orang dirawat, 7 orang sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

Kabupaten Jayapura, ada 21 pasien positif, 16 dalam perawatan, dimana 2 orang dirujuk ke Kota Jayapura, 4 orang sembuh dan 1 orang meninggal.

Di Kabupaten Mimika ada 24 pasien positif, 17 dalam perawatan, 4 orang sembuh dan 3 orang meninggal. Kabupaten Merauke, dari 9 positif, 5 orang masih dalam perawatan di rumah sakit, 4 orang sembuh.

Sementara 4 pasien positif covid-19 di Kabupaten Keerom dalam perawatan di rumah sakit di kota dan Kabupaten Jayapura.

Kabupaten Sarmi juga terdapat 3 pasien positif, namun saat ini dalam perawatan di rumah sakit di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Kabupaten Mamberamo Tengah ada 1 pasien positif dirawat di rumah sakit Wemena. Sementara di Kabupaten Jayawijaya ada 2 pasien positif dan sementara dalam perawatan dan Kabupaten Nabire ada 3 kasus positif dan dalam perawatan di rumah sakit.

Dikatakan, dari 69 pasien yang sedang dalam perawatan semuanya dalam kondisi sakit ringan dan sakit sedang. “Kami berharap kondisi pasien bisa sembuh,” harapnya.

dr. Sumule menambahkan, dari angka ODP per Sabtu pukul 19.00 wit sebanyak 3.507 orang, pada hari jumat kemarin berjumlah 3.532 orang.

Jadi, ada pengurangan ODP sebanyak 25 orang, dan 6 tambahan kasus positif tersebut berada di Kabupaten dan Kota Jayapura dan sedang mendapat perawatan di rumah sakit,” paparnya.

Pada kesempatan itu, dr. Sumule mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan bergandengan tangan melawan Covid-19 ini. “Mari kita sama-sama menjaga Papua dan masyarakat dapat mengikuti protokol kesehatan,” pungkasnya.

Selain itu, Satgas Covid-19 Papua memberikan perhatian khusus untuk kabupaten Nabire dan kabupaten lain di wilayah adat Meepago, agar kalau Tuhan berkenan virus ini tidak menyebar ke kabupaten lain di wilayah adat tersebut.

“Kita perlu kerjasama dan menjaga kabupaten lain wilayah adat Mee Pago dan La Pago tidak berdampak virus covid-19,” tutupnya.

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams