Pasific Pos.com
Headline

Bertambah 5 Kasus, Pasien Positif Jadi 210 Orang, 59 Sembuh

covid-19 papua Jadi 210 Orang
Info grafis Covid-19 Papua. update 1 Mei 2020

JAYAPURA – Jumlah kasus virus corona atau Covid-19 di Provinsi Papua bertambah 5 orang. per hari ini Jumat (1/5/2020) jumlah kasus positif corona di Papua jadi 210 kasus dengan jumlah pasien yang masih dirawat 144 orang.

Dari 210 pasien tersebut sebanyak 59 orang dinyatakan sembuh dan meninggal sebanyak 7 orang. “Tambahan lima kasus baru ini berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 3 orang dan kabupaten Biak 2 orang,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, dalam keterangan persnya, Jumat malam.

Dikatakan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2.068, kemudian jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 240 dan pemeriksaan PCR sebanyak 1.192 sampel.

Adapun kabupaten/kota yang berdampak Covid-19 adalah, Kabupaten Mimika sebanyak 67 kasus positif, 51 orang dalam perawatan, 11 dinyatakan sembuh dan 3 meninggal dunia.

Kota Jayapura 44 pasien positif dengan 21 orang dirawat. Kemudian pasien sembuh di Kota Jayapura sebanyak 20 orang dan meninggal sebanyak 3 orang.
Kabupaten Jayapura 36 pasien positif, 25 orang dirawat, 10 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Kabupaten Nabire 16 kasus positif dan semuanya dalam perawatan. Kabupaten Merauke, 13 kasus positif, 5 masih dalam perawatan dan 8 dinyatakan sembuh.

Kabupaten Biak Numfor 11 kasus dan kesemuanya sementara dalam perawatan. Kabupaten Keerom jumlah positif 10 kasus positif, dimana 8 orang sedang dalam perawatan dan 2 orang sudah dinyatakan sembuh.

Kabupaten Sarmi 4 pasien positif dimana 1 orang dirawat dan 3 orang sudah dinyatakan sembuh.

Kabupaten Jayawijaya terdapat 3 kasus dan 1 dirawat sembuh 2, Kabupaten Mamberamo Tengah ada 2 kasus dan 1 dirawat dan 1 sembuh.

Kabupaten Boven Digoel 2 kasus dan dirawat di RSUD Merauke. Kabupaten Supiori juga ditemukan 2 kasus positif dan semunya saat ini sudah ditujuk ke RS Biak Numfor.

dr. Sumule memaparkan, hari ini ada tambahan 2 pasien yang dinyatakan sembuh dari kabupaten Mimika. Jadi Total pasien yang sudah sembuh ada 59 orang,” ujarnya.

Menurutnya, walaupun jumlah pasien positif di Kabupaten Mimika menempati urutan pertama dengan jumlah pasien positif covid, tetapi tim Satgas Covid-19 Papua memberikan apresasi kepada tim medis di RSUD Mimika yang sudah bekerja keras sehingga ada dua pasien yang dinyatakan sembuh.

Ia mengatakan jika dilihat sebaran pasien sembuh paling banyak di Kota Jayapura 20 orang, Kabupaten Mimika 13 orang, Kab. Jayapura 10 orang, Sarmi 3 orang, Keerom 2 orang Jayawijaya 2 orang dan Mamberamo Tengah 1 orang.

Selain itu juga Satgas Covid-19 Papua meminta kepada seluruh petugas kesehatan yang berada di rumah sakit untuk memberikan perhatian khusus kepada seluruh pasien – pasien yang saat ini dirawat.

“Jangan lengah, ketika sudah ada perubahan sakit. Dari yang sedang menjadi berat untuk segera melakukan tindakan pencegahan,” ucapnya.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Kembali Perpanjang Masa Relaksasi Hingga 31 Juli

Tiara

Sempat Jadi Zona Hijau, Merauke dan Supiori Kini Jadi Zona Merah

Bams

Masih Ada Pedagang Yang Tidak Menggunakan Kartu Tanda Pengenal

Fani

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

Bams

Pasien Sembuh Covid-19 di Papua Meningkat, Kasus Meninggal jadi 18 orang

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Kinerja Tim Covid-19

Bams

Kadinkes : Pasien Covid Tanpa Gejala Dapat Isolasi Mandiri di Rumah

Fani

DPPAD Papua lakukan Rapid Test COVID-19 bagi ASN

Bams

Rapid Test Atlet Peparnas Papua Negatif

Bams