Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Berlangsung Sederhana, MARIO Rayakan Empat Tahun Kepemimpinan

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si, didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw ketika menyerahkan kue ulang tahun kepada perwakilan DPRD dan Forkompimda Kabupaten Jayapura pada acara ibadah syukur Empat Tahun Kepemimpinan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, yang berlangsung di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (10/12/2021)

SENTANI – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro pada Jumat (10/12/2021) sore, menapaki usia empat tahun kepemimpinan sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Pasca dilantik 2017 silam, berbagai dinamika dihadapi oleh kedua pimpinan yang dikenal dengan jargon MA-RIO pada pilkada empat tahun silam itu.

Mensyukuri berkat dan tuntunan Tuhan atas empat tahun kepemimpinan, jajaran pemerintah daerah Kabupaten Jayapura menggelar ibadah syukur yang dilangsungkan di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat 10 Desember 2021.

Perayaan penuh kesederhanaan itu dihadiri jajaran Forkompimda Kabupaten Jayapura, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekda Kabupaten Jayapura Hanna S. Hikoyabi, para Asisten Setda, pimpinan OPD, Kepala Distrik, organisasi paguyuban, Ketua SOPAN Kabupaten Jayapura H. Abdul Karim, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Ibadah syukur tersebut dipimpin oleh Pdt. Dolfina Yahui, S.Si.Teol.

Usai pelaksanaan ibadah syukur, Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, yang mendampingi Bupati Jayapura Mathius Awoitauw didaulat untuk menyalakan lilin dan memotong kue ulang tahun lalu diserahkan kepada Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jayapura, Drs. H. Muhammad Amin serta perwakilan TNI/Polri.

“Tidak ada ungkapan lain selain bersyukur, bersyukur dan bersyukur. Bersyukur semua anugerah Tuhan. Bersyukur untuk semua tuntunan Tuhan, sehingga empat tahun dalam periode kepemimpinan kami,” ungkap Bupati Mathius yang didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw.

Ketika ditanya wartawan terkait tidak hadirnya Wakil Bupati Jayapura pada peringatan empat tahun kepemimpinan mereka di daerah berjuluk Bumi Khenambay Umbay ini, jawab Bupati Mathius, “Sama seperti saya juga, kita tidak tahu acara hari ini. Pak wakil bupati kan ditugaskan ke Jakarta karena ada acara lain. Sehingga, saya bilang pak wakil saja yang berangkat. Tapi ndak apa-apa, itukan staff punya kreativitas,” ujarnya.

Menurut Mathius, perjalanan menjadi seorang pemimpin hingga boleh menapaki usia empat tahun bersama Wabup Giri Wijayantoro itu merupakan anugerah dari Tuhan.

“Kita tetap laksanakan program-program yang kita sudah canangkan, untuk kampung-kampung bisa jalan bergerak, kemudian di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan terus kita dorong. Satu hal yang menarik dalam situasi Covid-19 juga, ekonomi di kampung-kampung tidak berubah. Malah mereka lebih semangat lagi,” katanya.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua pihak, baik Forkompimda, DPRD, stakeholder terkait, khususnya jajaran pemerintah daerah.

“Atas kerjasama, atas kerja keras, atas kebersamaan. Bergandengan tangan bersama selama empat tahun di periode kepemimpinan kami berdua. Berbagai prestasi yang kita raih selama ini adalah hasil kerja bersama,” aku Bupati Mathius.

Memasuki tahun ke-4 pada tanggal 10 Desember 2021, kepemimpinan MA-RIO telah mampu mencapai capaian kinerja secara makro yang sangat bagus.

Walau diakuinya, bahwa pihaknya menghadapi banyak tantangan yang sangat berat dan juga ada kekurangan-kekurangan yang masih perlu dilakukan pembenahan.

“Kalau dari capaian-capaian kinerja secara makro itu sudah bagus, meskipun kita menghadapi tantangan-tantangan yang sangat berat seperti banjir bandang dan longsor, terus ada Covid-19 dan juga pelaksanaan PON XX,”

“Itukan banyak menguras energi, perhatian, waktu dan juga anggaran. Tapi, kita terus lakukan aktivitas, jadi tetap jalan. Namun hal yang paling menarik dari empat tahun ini dan paling nyata adalah tadi pagi kita lakukan di Hotel Suni yaitu, peluncuran buku tata laksana pembentukan gugus tugas masyarakat adat (GTMA),” jelasnya.

Empat tahun kepemimpinan Mathius Awoitauw-Giri Wijayantoro, yakni periode 10 Desember 2017 sampai dengan 10 Desember 2021, direfleksikan dengan melaunching buku ‘Tata Laksana Pembentukan Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA) Kabupaten Jayapura’, di Ballroom Hotel Suni Sentani, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (10/12/2021) pagi.

“Bagi saya, itu hadiah empat tahun yang begitu luar biasa. Dengan penuh dinamika, dengan penuh kontroversi dan juga penuh berbagai hal, baik di lapangan maupun pada saat memulai. Tetapi pada akhirnya, kerja-kerja itu bisa di dokumentasikan dan di ukur, bahwa secara ilmiah dan pengalaman, itu bisa menjadi pelajaran untuk banyak orang. Nah, itu yang membanggakan bagi kami di empat tahun periode kepemimpinan kami,” bebernya.

“Kita kadang-kadang melihat hal-hal yang biasa saja, misalnya pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan itu kan rutin. Siapapun kepala daerahnya, pasti dia akan jalankan itu, karena itu sudah normatif. Ada uang, ada orang dan ada lokasi, pasti semua jalan,”.

“Tetapi hal yang diluar dari itu, yang tidak pernah ada menghasilkan inovasi-inovasi baru, itu yang paling sulit. Karena meyakinkan itu tidak mudah, karena birokrasi itu sudah paten. Ajak kesini dan kesana tidak bisa yakni, harus lurus atau sudah terpola. Namun kita bisa melakukan itu, dan sudah ada perubahan, meskipun sedikit-sedikit sudah ada perubahan,” tambahnya.

Diakhir wawancaranya, Mathius menyatakan harapan agar kebersamaan yang telah terjalin selama empat tahun terakhir ini bisa terus terjaga, bahkan lebih dipererat hingga akhir masa jabatan Mathius-Giri untuk mewujudkan semua visi dan misi pemerintahan.

“Keberhasilan, kesuksesan, kekurangan maupun kegagalan yang ada biarlah menjadi pembelajaran bersama untuk melangkah kedepan,” kunci Bupati.

Dikesempatan itu, Bupati Mathius juga menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial berupa kursi roda bagi penyandang disabilitas yang diterima secara simbolis oleh perwakilan penyandang disabilitas dari Distrik Nimbokrang.

Kemudian, penyerahan piala penghargaan ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021 dari Sekretaris Kampung Yoboi kepada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw. Karena Kampung Yoboi berhasil menyabet juara ke-IV Nasional Kategori Konten Kreatif pada ADWI Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia

Artikel Terkait

14 Jemaat GKI Sentani Kota Rayakan Hari Pentakosta

Bams

Bupati Mathius Apresiasi Seluruh ASN Setelah Raih Opini WTP ke-8 Kali

Jems

Buka Musrenbang di Tahun Terakhir Menjabat, Ini Harapan Bupati Mathius

Jems

Masih Perbup, Pemkab Jayapura Secepatnya Siapkan Perda Menara

Jems

Subhan: Realisasi Penyerapan Anggaran Baru Mencapai 66,8 Persen

Jems

HUT DWP ke 22, DWP Kabupaten Jayapura Gelar Puncak Peringatan

Jems

Pemkab Jayapura Bantu Angkutan Pedesaan untuk Menunjang Tranportasi Masyarakat Airu

Jems

Bupati Mathius Serahkan Bantuan 15 Unit Rumah Bagi ASN Kepada Pemerintah Distrik Airu

Jems

Ini yang Dilakukan Bupati Mathius Ketika Melakukan Kunker di Distrik Airu

Jems