Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bengkel Mobil Dilahap Sijago Merah

MERAUKE,ARAFURA,- Pagi itu, Minggu (15/7) warga Jalan Sutan Syahrir Merauke heboh. Kobaran api yang disertai dengan kepulan asap tebal membuat warga panik. Selain berusaha memadamkan api, warga sekitar juga bersama-sama menyelamatkan sejumlah mobil agar tidak turut menjadi korban amukan ‘sijago merah’.

Kebakaran menimpa sebuah bengkel mobil ‘Multi Motor’milik Heri (41). Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kebakaran yang baru diketahui sekitar Pukul 07.00 WIT itu meludeskan satu blok bengkel milik korban. Ikut terbakar beberapa peralatan bengkel dan satu kepala truk juga nyaris terbakar.

Kepada ARAFURA News, Heri yang masih nampak shok dengan kejadian itu bercerita awal kemunculan api. Pagi itu, Ia sedang duduk di teras rumah dan melihat ada asap. Awalnya, Ia menduga itu asap dari orang bakar sampah. Namun, asap semakin tebal dan perasaannya tidak enak sehingga mencoba melihat ke bengkelnya.

Heri terkejut, karena ternyata asap itu dari bengkelnya. Saat itu, api sudah membesar di bagian pojok bengkel. Api cepat membesar, karena tempat itu berisi rak telur dan dedak. Heri menyakinkan bahwa tidak ada aliran listrik ke bengkelnya di bagian belakang. Begitu juga dengan minyak, heri mengaku tidak menyimpan di situ.

“Mungkin ada pencuri masuk, terus dia buang puntung rokok di situ. (Karena) di belakang tidak ada minyak, dan tidak ada aliran listrik,”ujar Heri, yang menderita luka di kaki dan tangannya saat berusaha memadamkan api.
Dugaan kebakaran akibat ulah pencuri, turut dibenarkan oleh salah satu warga di tempat kejadian. Menurut warga yang enggan namanya dikorankan itu, sekitar Pukul 04.30 WIT ada pencurian di sebuah warung di dekat lokasi kejadian. Pelaku sempat masuk dan mengacak-mengacak telur yang ada di warung tersebut.

“Mungkin karena tidak dapat apa-apa, pencuri kecewa dan buang puntung rokok di situ. Atau bisa juga sebelum ke warung, pencuri itu ke sini (bengkel) dulu. Kalau di rak telur, api kan merembetnya lama. Jaid, setelah sebelah heboh ada pencurian, tidak lama ada kebakaran di sini,”ujar warga tersebut.

Sementara itu, begitu mendapat informasi ada kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merauke langsung merunkan tim Damkarnya beserta satu unit mobil kebakaran. Sekitar satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan. Warga sekitar juga bahu membahu ikut memadamkan api termasuk menyelamatkan barang-barang milik korban.