Pasific Pos.com
Papua Selatan

BEM Baru Diminta Tidak Berhenti Berinovasi

MERAUKE,ARAFURA,-Alfian Syuhada Dewantara, mantan Presiden BEM Unmus periode 2015-2016 yang lalu meminta agar jajaran BEM yang baru tidak berhenti berinovasi sebab informasi sekarang sudah sangat cepat dan kinerja BEM juga akan dituntut sama cepatnya seperti penyebaran informasi seperti saat ini. “Kita tidak lagi hidup di zaman di mana ketika mau streaming you tube harus tunggu 2 sampai 3 jam baru bisa nonton satu video. Sekarang ini informasi sudah sangat cepat dan kinerja kalian tentu dituntut sama cepatnya seperti penyebaran informasi saat ini,”terangnya di hadapan peserta Raker KM Unmus bersama Ormawa di gedung PKM belum lama ini.

Untuk pengurus BEM yang baru ia menghimbau untuk menjadikan BEM-BEM sebelumnya sebagai pengalaman karena BEM sekarang juga menjadi bagian di dalamnya. Jangan sampai mencoba mengeksplore kesalahan yang sama. Apa yang pernah dialami pengurus yang sebelumnya hendaknya dijadikan pelajaran dan diambil yang positif-positif sehingga tidak mengulang kesalahan yang sama. Saat dirinya menjabat sebagai presiden kurang lebih baru ada 10 UKM yang aktif belum sebanyak sekarang. Di antaranya Mapala dan UKM keagamaan sangat aktif.

“Kalian sekarang sudah ditemani oleh Ormawa dan begitu banyak anak muda yang sudah mulai sadar akan pentingnya berorganisasi. Secara langsung itu menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan, kalian tidak lagi mengurusi satu persatu karena mereka sudah bisa jalan sendiri. BEM tinggal membimbing dan mengarahkan ke a arah yang benar,”jelasnya lagi. Kepada seluruh Ormawa ia meminta agar tidak lagi ada kejadian tumpang tindih program karena setiap Ormawa memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.

Ia mencontohkan tentang HMJ yang seharusnya mempunyai tugas hanya satu dan cukup simple yakni menjaga agar mahasiswa tidak ada yang DO dan bisa lulus dalam jumlah yang sama seperti halnya ketika awal masuk. Jadi input atau output mahasiswa di Unmus harus dijaga agar seimbang meskipun tidak sama persis, tidak jadi masalah. Contohnya yang masuk di jurusan hukum ada 200 orang maka tugas HMJ di hukum harus menjaga jumlah tersebut agar hingga lulus nanti jumlahnya masih sama dengan yang masuk.

Semua HMJ di Unmus seharusnya bisa seperti itu sehingga tidak ada lagi yang DO atau bahkan mundur tanpa berita. “Jadi pekerjaan kalian sebenarnya mudah, tidak usah muluk-muluk dengan kegiatan lain yang katanya selalu untuk menjalin kebersamaan. Padahal dengan menjalankan tugas yang tadi telah disebutkan itu juga termasuk menjalin kebersamaan. Dalam hal ini 200 orang bekerjasama untuk lulus bersama,”terangnya.