Pasific Pos.com
Papua Tengah

Belum Ada Parpol Ajukan Daftar Caleg ke KPU Nabire

NABIRE – Hingga Rabu (11/7) belum ada satu partai politik (Parpol) pun di Kabupaten Nabire yang mengajukan daftar Calon Anggota Legislatif (Caleg) ke KPU Nabire. Padahal, informasi awal, batas waktu pengajuan daftar Caleg hanya sampai Selasa (17/7) mendatang, atau tersisa 6 hari lagi.

Ketua KPU Nabire, Nelius Agapa, ST, mengharapkan kepada masing-masing Parpol di Kabupaten Nabire untuk segera mengajukan daftar Caleg agar dilakukan verifikasi oleh staf KPU Nabire. Kata Nelius, persyaratan pengajuan Caleg DPRD Kabupaten agar dilengkapi sesuai dengan persyaratan dalam UU Nomor 7 tahun 2017 dan PKPU 20 tahun 2018.

“Sampai hari Rabu ini memang belum ada Parpol yang mengajukan daftar Calegnya ke KPU. Kami KPU Nabire bersama staf sekretariat selalu siap melayani setiap harinya di kantor. Batas waktu yang semakin mepet, kami harapkan masing-masing Parpol segera mengajukan daftar Calegnya,” ujar Nelius melalui pesan pendeknya kepada media ini.

Pantauan media ini di Kantor KPU Nabire siang kemarin, salah seorang anggota komisioner KPU Nabire bersama staf sekretariat terlihat standbye di kantor untuk memberikan pelayanan. Terlihat pula sejumlah Caleg mendatangi Kantor KPU Nabire untuk sekedar berkoordinasi terkait persyaratan maupun pengurusan surat keterangan tanda bukti telah tertdaftar sebagai pemilih dari KPU Nabire.

“Sampai saat ini memang belum ada Parpol yang mengajukan daftar Calegnya ke kami di KPU. Sementara ini yang terlihat datang adalah mereka dari para Caleg. Ada yang datang hanya sekedar bertanya soal persyaratan maupun berkoordinasi, ada juga yang sudah urus surat keterangan tanda bukti telah tertdaftar,” ujar Agus Salim ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Pantauan media ini di ruang sekretariat, terlihat sejumlah staf sekretariat sedang sibuk memberikan pelayanan pembuatan surat keterangan tanda bukti telah tertdaftar. Hingga Rabu (11/7) kemarin, sudah ada sekitar 300an lebih surat keterangan yang telah dikeluarkan pihak KPU Nabire.

 

Keterwakilan Perempuan 30%

 

Terkait dengan pengajuan daftar Caleg, masing-masing Parpol juga harus memperhatikan paling sedikit 30% keterwakilan perempuan. Artinya, dalam setiap Daerah Pemilihan (Dapil) diwajibkan ada keterwakilan Caleg perempuan paling sedikit 30%.

Dapil 1 yang membawahi wilayah Wonorejo, Girimulyo, Kartum, Karmul, Kaliharapan, Kalisusu, tersedia sebanyak 6 kursi yang diperebutkan. Dari jumlah kursi yang tersedia di Dapil 1, kuota perempuan sebanyak 2 kursi.

Dapil 2 yang membawahi wilayah Kalibobo, Morgo, Nabarua, Siriwini, Oyehe, Sanoba, tersedia sebanyak 9 kursi yang diperebutkan. Dari jumlah kursi yang tersedia di Dapil 2, kuotHa perempuan sebanyak 3 kursi.

Dapil 3 yang membawahi wilayah Teluk Kimi, Makimi, Moora, Napan, Wapoga, Siriwo, Dipa, tersedia sebanyak 5 kursi yang diperebutkan. Dari jumlah kursi yang tersedia di Dapil 3, kuota perempuan sebanyak 2 kursi.

Dapil 4 yang membawahi wilayah Uwapa, Menou, Nabar, Wanggar, Yaro, Yaur, Teluk Umar, tersedia sebanyak 5 kursi yang diperebutkan. Dari jumlah kursi yang tersedia di Dapil 3, kuota perempuan sebanyak 2 kursi. (ros)