Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Bantuan Operasional PAUD di Kota Jayapura 2,5 Miliar

 

JAYAPURA – Kepala Bidang Pendidikam Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Luas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Cliford Korwa mengaku bantuan operasional PAUD (BOP) meningkat Rp2,5 miliar atau naik 100 persen di 2018.

“BOP 2017 Rp1,5 miliar, dan BOP 2018 Rp2,5 miliar. Naik karena pekerjaan Dapodik yang diinput operator sekolah sudah mencapai 99,99 persen,” kata Cliford di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (6/7/18).

Dana Rp2,5 miliar ini dibagi untuk 80 lembaga PAUD. Jumlah PAUD di Kota Jayapura ada 70. Usia anak yang sekolah di PAUD, yaitu usia 4-6 tahun. Satu PAUD 12-15 orang. Satu PAUD ada 1-2 kelas.

Naiknya anggaran PAUD non fisik ini agar seluruh anak-anak di Kota Jayapura dapat mengakses layanan PAUD secara maksimal termaksud kualitas tenaga pendidik.

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis), dana tersebut di bagi 35 persen untuk transportasi kegiatan, 50 persen untuk beli pensil dan crayon, 15 persen untuk bayar air dan listrik.

Pencairan dana PAUD diawasi dengan ketat, yaitu langsung masuk ke kas daerah, kemudian disalurkan ke masing-masing nomor rekening lembaga.

“Dananya belum cair, rencananya masih tunggu petunjuk dari Ditektorat tapi petugas kami sudah persiapan untuk sekolah mengajukan proposal,” kata Cliford.