Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bantuan Ke Waan Terkendala Cuaca

MERAUKE,ARAFURA,- Bantuan sebanyak 10 ton lebih untuk Distrik Waan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga saat ini masih ‘tertahan’ di pelabuhan. Kondisi ini terjadi, karena pihak Syabandar belum mengijinkan kapal berlayar akibat ketinggian ombak masih berkisar antara 4 sampai 5 meter.

“Untuk yang 10 ton lebih dari BPBD itu sudah ada di dalam kapal, tinggal gerak.Tetapi ya alam yang sedang tidak bersahabat, dan kondisi ekstrim ini memang agak sulit,”ujar Kepala BPBD Kabupaten Merauke, Thiasoni Betaubun, di GOR Head Sai, Kamis (1/2).

Dijelaskan, sesuai hasil koordinasi dengan kepala kampung setempat disampaikan memang kondisi masyarakat sudah tidak bisa beraktifitas, akibat air pasang. “Kepala kampung baru saja koordinasi dengan kami , masyarakat memang sudah tidak bisa, karena kondisi air laut sudah kepung kampung,”tukasnya.

Sebenarnya, bantuan untuk Waan sudah siap sejak sekitar dua minggu lalu, tetapi karena kondisi alam sehingga kapal pengangkut bantuan belum bisa bergerak.Kendati terjadi keterlambatan droping bantuan, namun dari koordinasi dengan kepala kampung, mereka sampaikan untuk satu minggu kedepan kebutuhan makan minum masyarakat masih aman.

Ditambahkan, bantuan bukan saja beras, tetapi juga kopi, gula, air mineral, selimut, tikar dan kebutuhan mendasar lainnya. Tetapi kalau memang dikeluarkan lagi bantuan dari Dinas Sosial, atau ada penambahan beras sebanyak 10 ton lagi maka total bantuan untuk Waan bisa berkisar 20 ton lebih.