Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Bantu Masyarakat, Pemkot Jayapura Sediakan Tiga Unit Bus

Jayapura,-Sebanyak tiga unit Bus diserahkan secara resmi oleh Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, kepada pihak Dinas Perhubungan Kota Jayapura.

Penyerahan secara simbolis tersebut, diterima langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Elby Uneputty, disela-sela Pencanangan HUT Kota Jayapura ke 108, di Taman Imbi Kota Jayapura Jumat (2/2/17).

Walikota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan, setelah penyerahan ini dimaksudkan agar bus tersebut, segera dioperasikan untuk pemanfaatan melayani masyarakat Kota Jayapura.

” Hari ini juga kita melaunching tiga bus yang disiapkan pemkot untuk melayani warga kota Jayapura. Kita akan membuka trayek khusus dari terminal mesran pulang pergi angkasa dan juga bus khusus yang saya siapkan bagi pelajar yang ada di kota jayapura.”ungkapnya

Walikota yang disapa BTM, juga meminta kepada pihak instansi yang mengelola tiga unit bus, agar dimanfaatkan dengan baik bagi kebutuhan masyarakat Kota Jayapura.

“Semua yang dilakukan pemkot Jayapura di HUT kota yang ke 108 tahun dan pekabaran injil di tanah port numbay ini, kita ingin melayani masyarakat dengan cepat, tepat, efektif, efisien di kota jayapura yang kita cintai bersama.”ungkapnya.

Kadis Perhubungan Kota Jayapura, Elby Uneputty, mengatakan hari selasa mendatang Bus tersebut sudah bisa dioperasikan.

“nanti hari selasa baru mulai operasi dan sudah berplat kuning, kami sangat bersyukur, nanti dua bus akan beroperasi dengan rute ke Angkasa, selain angkut penumpang umum juga akan mengangkut pelajar dan mahasiswa, nanti akan ada tambahan bus lagi yang khusus untuk mengangkut pelajar.” ungkapnya.

Sementara untuk tarif penumpang umum dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 dan pelajar Rp 2.500, satu kali jalan.

Disinggung soal halte ia mengatakan tahun depan pihaknya sudah memprogramkan untuk membangun sebuah halte, untuk wilayah Kota Jayapura. Menurutnya, harus ada tiga puluh halte, maksimal 60 halte untuk datang dan pergi.

“Harapan saya kita akan memperbanyak rute angkutan umum, bus ini juga hanya operasi di jalan utama dan akan berhenti di halte saja, saya harap ini tidak bertentangan dengan angkutan yang ada.” tukasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan memperbanyak bus minimal 20 unit, sehingga akan dibuka rutenya sampai dengan perbatasan.

“Tahun ini ada lima bus, empat bus akan lakukan operasi sementara satunya akan stand by. Dalam rangka Pon 2020 nanti kami akan datangkan minimal 20 bus, sehingga kami memastikan 2020 nanti 20 bus tersebut sudah tersedia.” tuturnya.

Sementara untuk pengelolanya ia menambahkan pihaknya akan bekekerja sama dengan Disperindag bagian koperasi.

“mungkin nanti kita hanya pengawasannya, kami harap juga koperasi pikaun milik Disperindag ini bisa membantu kami, jadi hari selasa nanti dua bus yang akan dioperasikan dengan rute ke Angkasa. Sementara untuk wilayah Abepura, direncanakan satu minggu ke depan dan akan mangkal di terminal taman Mesran,” tutupnya.