Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Bank Papua Siap Layani Transaksi Non Tunai Pemda di Papua

 

JAYAPURA – Kepala Divisi Pemasaran Bank Papua, Wastu Anggoro Wijanarko mengatakan, pihaknya siap melayani transaksi non tunai oleh pemerintah daerah di Papua yakni provinsi, kabupaten dan kota.

Menurut Wastu, pihaknya tengah konsen melalukan perbaikan layanan agar dapat melayani seluruh Pemda di Papua bertransaksi non tunai.

Hingga Juni ini, kata Wastu, dari 10 Pemda di Papua yang melakukan kesepakatan untuk melaksanakan transaksi non tunai, baru 6 Pemda yang melaksanakan, 4 Pemda sedang dijajaki.

Wastu mengaku butuh waktu untuk mengubah kebiasaan dari tunai menjadi non tunai, sebab transaksi non tunai sesungguhnya telah diberlakukan sejak tahun 2014, namun secara nasional masih di bawah 50 persen.

“Kami tetap melakukan perubahan, ada langkah-langkah yang diberikan oleh regulator dan manajemen Bank Papua untuk perbaikan ke arah Content Management System (CMS) dikembangkan dalam bentuk internet banking dan elektronik banking, “papar Wastu, di Kota Jaapura, Jumat (29/6/2018).

Bank Papua, kata Wastu, telah meminta izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebab sesuai Peraturan OJK untuk izin suatu produk baru paling cepat tiga bulan lantaran regulator melihat segmentasi bisnis dan cakupan di Bank Papua.

“Untuk menjawab kebutuhan pemerintah daerah, kami sudah melakukan hal itu, “ucapnya.

Adapun 6 Pemda yang telah bertransaksi non tunai melalui Bank Papua menggunakan sistem CMS yakni Provinsi Papua, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Asmat dan Kabupaten Merauke.

Sedangkan kabupaten lain, kata dia, sedang dilakukan penjajakan dan penyesuain terkait sistem keuangan daerah masing-masing Pemda.

Walau demikian, pihaknya menunggu komitmen Pemda itu sendiri apakah mau melakukan gerakan non tunai dalam menerapkan e-government ke depannya.