Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Bank Indonesia dan Bank Papua Kerjasama Salurkan Uang Layak Edar di Mappi

 

JAYAPURA – Setelah pada tahun 2017 Bank Indonesia dan Bank Papua melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama untuk melayani masyarakat di tiga distrik di Kabupaten Boven Digoel, tahun ini kembali bekerjasama menyalurkan uang layak edar di Kabupaten Mappi.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto dan Direktur Utama Bank Papua, F.Zendrato pada Jumat (8/6/2018).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto mengatakan, kerjasama itu untuk pilot project BI Jangkau di wilayah Provinsi Papua tahun ini dilakukan di empat distrik di Kabupaten Mappi yakni Distrik Assue, Distrik Haju, Distrik Nambuiman Bapai dan Distrik Obaa.

Pelayanan yang disediakan adalah penukaran Uang Tidak Layak Edar Hasil Cetak Sempurna (UTLE HCS) dalam kerjasama ini. Pilot Project BI Jangkau adalah melalui optimalisasi layanan kas Bank Indonesia, distribusi uang, edukasi dan sosialisasi serta kegiatan lain yang terkait antar para pihak.

“Distribusi uang rupiah oleh Bank Indonesia sampai ke tingkat kecamatan atau desa melalui jaringan kantor Bank Papua sekaligus edukasi dan sosialisasi salah satu dari tujuan kerjasama ini, “kata Joko, di Kota Jayapura.

Adapun implementasi dari kerjasama ini, kata Joko, akan dilakukan oleh jaringan kantor Bank Papua yang ada di Mappi.

“Dua kantor cabang pembantu (KCP) dan tiga kantor kas (KK) masing-masing KCP Bade dan KCP Assue, KK Senggo, KK Moor dan KK Rsud Mappi, “papar Joko.

Seperti diketahui, kerjasama program BI Jangkau antara Bank Indonesia dan Bank Papua adalah tahun kedua setelah pada tahun 2017 telah melakukan hal serupa untuk menjangkau tiga distrik di Kabupaten Boven Digoel. Tiga distrik itu yakni Distrik Mandobo, Distrik Mindiptana dan Distrik Jair. Adapun jumlah dana yang terealisasi pada tahun 2017 di Boven Digoel sebesar Rp1 miliar.

Direktur Utama Bank Papua, F.Zendrato menyampaikan, pihaknya siap membantu Bank Indonesia di Tanah Papua untuk kelancaran sistem pembayaran dan juga uang yang beredar di masyarakat bagus.

Dia menyampaikan terimakasih kepada Bank Indonesia karena telah memilih Bank Papua menyalurkan uang layak edar kepada masyarakat di Mappi.