Pasific Pos.com
Kriminal

Bandar Ganja Asal PNG Ditangkap, Ganja 6 Kg Berhasil Diamankan

Jayapura,– Anggota Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua berhasil membekuk seorang pria berinisial G yang merupakan Bandar ganja kering asal Papua Nugini, Sabtu (24/2/18).

Bandar ganja itu ditangkap polisi di salah satu rumah kerabatnya yang berada di Tanah Hitam distrik Abepura, dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan barang bukti ganja kering siap edar sebanyak 36 pekat yang dikemas di plastik berukuran sedang, serta ganja kering yang masih berada di dalam dua karung berukuran 5 Kg dan di dalam satu bal plastik hitam.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM.Kamal mengungkapkan, pelaku sampai dengan saat ini masih berada di kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh penyidik.

“Pelaku sudah ditahan di Sel Tahanan, dan rencananya kasus tersebut akan dikembangkan, diduga pelaku memiliki jaringan yang ada di Jayapura,” jelasnya Minggu (25/2/18) sore.

Kata Kamal, penangkapan pelaku berawal dari informasi warga yang memberitahukan anggota bahwa telah ada seorang warga asing asal PNG yang menawarkan ganja di seputaran tanah hitam. Menerima informasi itu anggota langsung melakukan penyelidikan dan pada akhirnya pelaku berhasil ditangkap beserta barang bukti ganja kering.

“Penangkapan pelaku dipimpin langsung oleh Kanit Opsnal Subdit III Iptu M. Ridwan ketika pelaku diketahui kebaradaannya di salah satu rumah rekanya, selain itu juga barang ganja kering seberat 6 Kg berhasil diamankan, saat penangkapan tidak ada perlawanan sehingga pelaku langsung digiring ke kantor,” ujranya.

“Sementara kasus ini telah ditangani oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua, dimana pelaku dijerat dengan pasal 114 dan pasal 111 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara,” jelasnya.