Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Bakti KOMPAK Akan Garap Dokumenter Distrik Sentani Timur

SENTANI – Tim Bakti KOMPAK akan menggarap dokumenter tentang profil Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Selain pembuatan dokumenter itu, Bakti KOMPAK juga akan merampungkan tujuh kampung yang telah mengembangkan program Sistem Administrasi Informasi Kampung (SAIK) yang ada di Distrik Sentani Timur itu ke dalam satu wadah Sistem Administrasi Informasi Distrik (SAID) yang didalamnya terdapat pusat Rumah Data.

“Jadi, hari ini (kemarin) mereka dari Bakti KOMPAK datang untuk mau membuat dokumenter tentang profil Distrik Sentani Timur, terkait dengan tujuh kampung di Distrik Sentani Timur yang sudah melakukan (mengembangkan) Sistem Administrasi Informasi Kampung (SAIK),”jelas Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani Timur, Steven Ohee, kepada wartawan usai kegiatan dari Bakti KOMPAK, Senin (25/6/18) siang.

Kadistrik Steven menerangkan, dalam pusat Rumah Data itu terdapat SAIK (Sistem Administrasi Informasi Kampung) dari masing-masing kampung di Distrik Sentani Timur.

SAID yang berisi data SAIK itu terintegrasi dengan data Puskesmas dan juga data sekolah.

Kita juga dapat mengontrol serta mengcounter guru-guru yang masuk sekolah untuk mengajar maupun petugas kesehatan yang masuk kerja untuk melakukan pelayanan kesehatan seperti melakukan pelayanan kesehatan di Posyandu yang terdapat di kampung A siapa petugasnya itu sudah terpusat di distrik, katanya.

Selanjutnya, untuk program SAID di Kabupaten Jayapura yang sudah dilaunching atau dilakukan itu terdapat di Distrik Sentani Timur, kemudian juga di Distrik Sentani Barat dan dalam waktu dekat akan dilaunching di Distrik Demta.

Dengan adanya pusat Rumah Data di distrik ini, sangat membantu dalam proses-proses perencanaan, penganggaran dan juga pembangunan kampung. Sehingga distrik-distrik lain di Kabupaten Jayapura bisa melakukan pengembangan program itu, tukas Ohee.