Pasific Pos.com
Papua Barat

Bakal Caleg Demokrat Diuji Kompetensinya

Manokwari, TP – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Manokwari akan selektif menentukan calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Manokwari, Frengky Awom mengatakan, untuk itu, pihaknya akan mengadakan uji kompetensi untuk semua bakal caleg yang mendaftarkan diri.

“Kita tentu memiliki target tinggi. Untuk itu, dalam penjaringan caleg, kita akan melakukan uji kompetensi,” kata Awom kepada para wartawan di Kantor DPRD Kabupaten Manokwari, Kamis (1/2).

Selain mengadakan uji kompetensi, pihaknya akan melakukan survei ke lapangan untuk mengetahui elektabilitas para bakal caleg yang mendaftarkan diri.

“Nanti bakal caleg yang mendaftar, partai mengambil survei meminta pendapat dari tokoh-tokoh yang ada. Kalau responnya positif, maka bakal caleg itu bisa maju melalui Demokrat,” katanya.

Diutarakannya, bakal caleg yang sudah melalui proses penjaringan, didominasi wajah baru dan pemuda. “Bisa dibilang hampir 70 persen caleg Demokrat diisi anak muda. Partai Demokrat berharap bisa mendulang suara pemula sebanyak-banyaknya. Dengan wajah baru juga akan semakin banyak pilihan untuk masyarakat,” ungkap Awom.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manokwari ini menjelaskan, saat ini Partai Demokrat memiliki 3 kursi di DPRD Kabupaten Manokwari, sehingga pihaknya menargetkan bisa menambah kursi, sehingga menjadi pimpinan. “Selain saya, Pak Sugoto juga mendaftar kembali,” tukasnya. [SDR-R1]