Pasific Pos.com
Papua Barat

Bagi-bagi Uang Honor Pameran Otsus di Biro Administrasi Otsus

Manokwari, TP – Ada dugaan penyalahgunaan oleh oknum-oknum di Biro Administrasi Otonomi Khusus (Otsus) Setda Provinsi Papua Barat.

Kasubag Data dan Monitoring, Biro Administrasi Otsus Setda Provinsi Papua Barat, Edward Sihombing membeberkan, ada staf yang membagi-bagikan uang untuk tenaga honor dan staf lain.

“Satu minggu lalu, ada staf yang membagi-bagikan uang kepada honorer dan staf lain, tapi bagian saya dipakai membeli ATK tanpa sepengetahuan saya,” ungkap Sihombing kepada Tabura Pos di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (12/2).

Diutarakannya, dana itu terkait honor kegiatan pameran Otsus di Kabupaten Sorong, November 2017. Selain itu, Sihombing mengatakan, hal yang membuatnya kecewa, ada pengangkatan Plt. Kabag Data dan Monitoring, Biro Administrasi Otsus, tetapi surat keputusan (SK) yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua Barat, ada kejanggalan.

“Masa tanggal penetapan SK pakai tulisan tangan? Saya kira itu menyalahi aturan. Lagi pula, di Biro ini masih ada staf yang golongan IV, tetapi tidak diangkat sebagai kabag. Ini kan aneh, ada apa di balik semua ini,” tanyanya.

Hal lain yang menakutkan, Sihombing mengatakan, ruang kerja dan meja kerjanya ditaburi garam kasar dan minyak goreng, Jumat (9/2), entah dilakukan siapa.

“Kalau kita orang beriman, mari kita sembayang, jangan buat hal-hal yang seperti itu, apalagi di meja saya. Kalau saya jadi apa-apa, saya akan tuntut orang yang buat,” ungkapnya.

Terkait hal ini, ia mengaku sudah berupaya untuk berkoordinasi dengan Kepala Biro Administrasi Otsus Setda Provinsi Papua Barat, Mathias Makambak, tetapi tidak ditanggapi.

Secara terpisah, Kepala Biro Administrasi Otsus, Mathias Makambak yang hendak dikonfirmasi Tabura Pos, enggan memberikan keterangan lebih jauh.

Ketika ditanya tentang informasi adanya bagi-bagi uang, Makambak enggan mengomentarinya dan meninggalkan wartawan. [BOM-R1]