Pasific Pos.com
Kota Jayapura

ASN Kemenag Kota Jayapura Wajib Miliki Idiologi Bela Negara

JAYAPURA – Kepala Kementerian Agama Kota Jayapura, Syamsuddin menegaskan bahwa seluruh aparatur sipil negara (ASN) khususnya dilingkungan Kementeriam Agama harus memiliki kesadaran tinggi terhadap bela negara.

“Ya, tentu saja jadi suatu kewajiban dan memiliki ideologi tinggi,” kata Syamsuddin di Jayapura, Senin (16/7/18).

ASN Kementerian Agama Kota Jayapura menjadi figur publik kepada masyarakat saat berbicara kebangsaan harus mengambil peran dan sesuai fungsi.

“Latar belakang berbeda, namun satu maksud dan tujuan mempertahankan NKRI. Memiliki kejujuran, ikhlas dan disiplin dalam pelayanan,” kata Syamsuddin.

Selain melaksanakan pendidikan formal, kata Syamsuddin, ada juga pendidikan non formal dengan melibatkan organisasi masyarakat dan alim ulama.

“Supaya ketahan bela negara tetap terpatri dalam sanubari di setiap umat di setiap agama karena Pancasila bernilai agama,” kata Syamsuddin.

Sebagai ASN, kata Syamsuddin, harus memiliki rasa dalam mengatasi persoalan, dengan menyampaikan secara santun, serta merangkul dan membina dalam bela negara.

“Kami tidak memiliki alat perang seperti TNI dan Polri tapi kami punya cara dan strategi lain untuk mempertahankan dan memperkuat umat melalui mimbar, itu juga bagian dari bela negara,” kata Syamsuddin.