Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

ASN dan TNI-Polri Dapat THR, Subhan : Kalau Honorer Dapat TPB

SENTANI – Pemerintah Kabupaten/Kota diberbagai daerah di Indonesia mulai membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, pejabat negara dan pensiunan. Begitupun dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura sesuai Peraturan Kementrian Keuangan (Permenkeu) Republik Indonesia Nomor 54/PMK.05/2018, Senin 4 Juni kemarin, mulai melakukan pembayaran THR bagi ASN ditiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal itu diakui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jayapura, Subhan, SE. MM, saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (6/6/18) Siang, bahwa berdasarkan edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat maka THR dapat dibayarkan kepada semua ASN dengan besaran sama sesuai jumlah gaji Bulan Mei, diluar tunjangan Papua.

“Jadi sesuai Permenkeu RI diatas tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya, maka THR lebaran telah kami bayarkan, hanya saja jumlahnya diseuaikan atas kebijakan OPD masing-masing dengan memperhatikan jumlah gaji Bulan Mei sesuai SK-ASN,” ujarnya.

Dikatakan, pembayaran THR sesuai Permenkeu hendaknya dibayarkan kepada semua pegawai baik ASN, TNI-Polri, Pejabat negara, Penerima pensiun dan penerima tunjangan dan THR lebaran, harus dibayarkan pada bulan Juni.

“Karena bulan Juli nanti ada pembayaran Gaji 13 dimana kedua penambahan pendapatan gaji tersebut sesuai petunjuk pusat tidak bisa dibayarkan bersamaan pada bulan Juni. Oleh karena itu kami berharap, semua pegawai di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura dapat dibayar THR nya di OPD masing-masing berdasarkan ketentuan di edaran,”jelasnya.

Lebih lanjut kata Subhan saat ditanyakan tentang THR untuk tenaga honorer, bahwa sesuai aturan Permenkeu Honorer tidak mendapatkan THR.

“Karena memang tidak ada dalam aturan Permenkeu yang menyatakan ada THR untuk honorer. Tapi kalau Tunjangan Penghasilan Bersyarat (TPB) ya ada baik untuk honorer maupun PNS,”jelasnya.

Ketika disinggung lagi mengenai gaji 13, Subhan menegaskan bahwa, gaji 13 akan dibayarkan pada awal Bulan Juli mendatang.

“Walaupun anggapan awal di bayarkan bulan ini namun di tunda ke bulan Juli,”akunya.

Sekalipun pembayaran gaji 13 di tunda ke bulan Juli, namun Subhan menjelaskan bahwa jumlahnya tidak ada pengurangan. Dengan artian tetap sesuai petunjuk Pemerintah Pusat akan dibayarkan berdasarkan gaji bulan Juni diluar tunjangan Papua.

“Maka itu untuk gaji 13, ASN harap bersabar dulu, sedangkan untuk THR akan segera terbayar dibulan ini. Semoga pembayaran THR berjalan lancar untuk kesejahteraan pegawai,” imbuh Subhan.