Pasific Pos.com
Papua Tengah

Asisten I Wakili Bupati Tutup Pameran Koperasi dan UKM

NABIRE – Ekonomi masyarakat berbasis kerakyatan, maka sudah sangat jelas bagaimana upaya dan kerja keras kita untuk memberdayakan atau meningkatkan kemampuan masyarakat menjadi pelaku utama bagi pergerakan roda perekonomian di daerah dengan memanfaatkan segala potensi yang ada di lingkungan masyarakat itu sendiri.

Demikian diungkap Bupati Isaias Douw, S.Sos.,MAP, diwakili Asisten I Setda Nabire, La Halim, S.Sos di sela-sela penutupan kegiatan pameran dan UKM, BUMN/BUMD dan pihak swasta, Sabtu (24/2), bertempat di GOR Kotalama Nabire.

Dikatakan La Halim, bidang ekonomi kerakyatan yang cukup tangguh dan memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan adalah koperasi. Oleh karena itu, koperasi menjadi sangat penting bagi kita semua, yang diharapkan dapat mengatarkan kita dalam mencapai suatu tatanan kehidupan yang dinamis, damai dan harmonis.

Bila kita berbicara tentang peningkatan perekonomian di daerah ini, tentunya kita memahami bahwa berbagai upaya dan program yang telah kita ditetapkan dan telah dilaksanaan, akan tetapi tidak sepenuhnya dapat dicapai sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini dikarenakan keterbatasan yang kita miliki.

Bukan hanya keterbatasan dari sisi penganggaran saja, tetapi yang jauh lebih penting adalah keterbatasan kualitas SDM dan penguasaan teknologi yang hingga saat ini terasa masih sangat rendah, sebab di era saat ini yang penuh dengan kemajuan, baik ilmu pengetahuan maupun teknologi, mengharuskan kita untuk menguasainya, sehingga dapat bersaing percaturan ekonomi bebas.

Lanjut dikatakan, hal inilah yang menjadi tantangan berat bagi pemerintah, baik sebagai regulator, stabilisator maupun sebagai motivator dalam pembangunan, untuk mengatasi tantangan dan permasalahan kualitas sumber daya manusia pengelola koperasi dan UKM, diperlukan upaya-upaya secara terus menerus dan berkelanjutan, yaitu pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan dalam pengelolaan usaha serta mampu dalam membuat dan menyusun rencana kerja kedepan.

Diharapkan Dekopimda serta semua pihak terkait menjadikan upaya peningkatan dan pengembangan kualitas SDM bagi pengelola koperasi dan UKM sebagai salah satu program prioritas sebagai salah satu program strategis dalam upaya membangun usaha mikro, kecil dan menengah kedepan.

Perkembangan perekonomian saat ini telah mengalami perubahan yang sangat cepat dan mengarah pada pemantapan bentuk ekonomi pasar yang terbuka atau liberalisasi perdagangan bebas. Berkaitan dengan hal tersebut, persoalan yang akan dihadapi bangsa Indonesia umumnya dan kabupaten Nabire khususnya kedepan, adalah bagaimana produk dan kegiatan pelaku ekonomi memiliki kemampuan daya saing dalam pasar global.

Sebelum mengakhiri sambutannya, bupati ingin menyampaikan bahwa apa yang kita laksanakan hari ini, adalah bagian dari semangat membudayakan dan menggelolakan koperasi, sehingga nantinya akan lahir kader-kader muda koperasi yang handal, profesional dan mandiri. “Selanjutnya perlu saya sampaikan bahwa dalam rangka untuk mensukseskan pembangunan daerah ini, salah satu hal yang mendasar yang harus kita jaga dan pelihara adalah kondisi dan situasi daerah ini agar tetap kondusif. Kedepan kita akan menghadapi berbagai agenda salah satunya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua” ujarnya. (modes)