Pasific Pos.com
Papua Barat

Arus Kali Iray Nyaris Hanyutkan Rumah Dinas Pemda

Manokwari, TP – Beberapa hari ini, hujan mengguyur distrik Anggi Kabupaten Pegunungan Arfak dengan intensitas yang cukup deras hingga menyebabkan kali Iray meluap.

Luapan kali Iray ini bukan yang pertama kali terjadi, namun terus terjadi secara kontinyu jika hujan deras tiba. Bahkan meluapnya kali Iray telah mengakibatkan tanggul penahan jebol dan terbawa arus. Selain itu, arus kali juga telah menggerus area sekitar bantaran kali, hingga menyebabkan bangunan berupa rumah jabatan pemda Pegaf nyaris roboh karena jarak dinding bangunan dengan bantara kali tinggal sejengkal. 

Melihat kondisi tersebut, Bupati Yosias Saroy langsung meninjau lokasi longsor. Nampak, Bupati begitu prihatin melihat bantaran kali Iray yang hanya tinggal sejengkal dengan dinding rumah jabatan milik pemda pegaf yang ditempati oleh Asisten 1 setda Pegunungan Arfak, Hans Lodwyik Mandacan. 

Bupati langsung memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum untuk segera menurunkan alat berat guna melakukan normalisasi kali, sembari menunggu anggaran untuk pembangunan bronjong di sepanjang bantaran kali Iray, terutama yang berdekatan dengan perumahan pemda dan warga. 

Tindakan itu, kata Bupati harus segera diambil karena dikhawatirkan jika tidak dinormalisasi maupun dibangun bronjong, bantaran kali akan terus tergerus air dan bisa menyebabkan perumahan yang ada di sekitarnya akan ikut hanyut terbawa air. 

Tergerusnya bantaran kali Iray sebenarnya sudah berlangsung lama, apalagi jika kali Iray sedang meluap karena tingginya curah hujan di Distrik Anggi. 

Kini para Aparatur Sipil Negara yang menempati rumah dinas di sekitar bantaran kali Iray mulai khawatir akan datangnya banjir besar jika curah hujan tinggi datang. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Pegunungan Arfak kini telah mengambil langkah-langkah pencegahan dini, berupa menormalisasi kali, guna menghindari tergerusnya bantaran kali akibat meluapnya kali Iray. [PGF-R3]