Menu

Line 1

Masalah Papua Bukan Hanya Politik

  • Ditulis oleh Super User
Penilaian: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
TerburukTerbaik 

Politik

Oleh : Yaan Yoku

Papua Negeri Emas di Timur Matahari merupakan provinsi yang sarat akan makna dan kepentingan, manusianya hidup dalam kesederhanaan, tapi persoalan yang dihadapinya tidak sesederhana itu, karena di balik semua itu provinsi Papua masih menyimpan dan bergelut dengan berbagai masalah besar yang erat kaitannya dengan hajat hidup orang banyak di tanah ini.
Karena itu, persoalan mendasar di tanah Papua bukan politik, namun pendekatan Pemerintah Pusat kepada masyarakat di tanah Papua lebih pada pendekatan politik yang terkait dengan isu Papua Merdeka. Artinya bahwa ketika masalah Papua mulai menjadi isu yang menghangat di dunia internasional, maka Pemerintah Pusat benar-benar memberikan perhatian yang serius dan luar biasa bagi provinsi Papua.
Sehingga terkesan Pemerintah Pusat hanya mengejar tujuan sesaat dan mengabaikan kepentingan masyarakat Papua. Ini berarti selama ini Pemerintah Pusat melihat Papua dengan menggunakan kaca mata kuda, sehingga persoalan besar yang ada di Papua tidak pernah dilihatnya sebagai sebuah hal yang penting dan mendesak.
Situasi ini benar-benar melemahkan sehingga berdampak pada berbagai hal, salah satu point penting yaitu ketika Pemerintah Provinsi Papua mendorong perubahan terhadap UU Otsus menjadi Otsus Plus, tidak ada respons yang positif dari Pemerintah Pusat. Padahal ini adalah sebuah langkah positif dari Pemerintah Provinsi Papua membantu Pemerintah Pusat untuk meredam isu Papua di kancah internasional dan seluruh dampaknya dengan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua melalui beberapa kewenangan yang diminta untuk dikelolanya.
Tapi ketika ada manufer politik yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu saat ini untuk menjadikan Papua sebagai anggota dari Melanesian Spreadhead Group (MSG), Pemerintah Pusat memberikan perhatian yang serius melalui Kementrian dan Lembaga tertentu untuk menyelesaikan persoalan ini. Tapi giliran Pemerintah Daerah dalam hal ini Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah yang nota benenya di pilih oleh seluruh masyarakat menyuarakan kepentingan masyarakatnya tidak diindahkan.
Kalau realitanya seperti itu, maka seluruh kepentingan masyarakat Papua yang disuarakan oleh Pemerintah Daerah harus dikemas dengan kepentingan atau isu Papua Merdeka supaya bisa diperhatikan dan diseriusi oleh Pemerintah Pusat. Sehingga bisa dikatakan bahwa Pemerintah Pusat sengaja menciptakan peluang untuk menyusahkan dirinya dengan situasi seperti ini, karena Pemerintah tidak melihat hal penting dan dominan di Provinsi ini yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang berada di tanah Papua, tapi Pemerintah lebih serius mengurus kepentingan sekelompok orang dengan isu dan topik tertentu.
Harusnya Pemerintah melihat Papua secara menyeluruh sehingga tidak menimbulkan salah tafsir terhadap berbagai kebijakan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat di Papua,  karena dapat berpengaruh terhadap pembangunan di Papua. Respons positif Pemerintah Pusat, tidak hanya diberikan ketika isu Papua Merdeka menghangat dan memanas, tapi juga respons positif tersebut harus diberikan untuk upaya Pemerintah Daerah membangun Provinsi Papua melalui berbagai program pembangunan yang telah ditetapkan seperti RUU Otsus Plus, pembangunan Smelter dan program-program besar lainnya sesuai visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera yang dikemas dalam sebuah program strategis yaitu GERBANG MAS HASRAT PAPUA. Karena apa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua, juga merupakan bagian penting dari upaya untuk meningkatkan derajat hidup Orang Asli Papua untuk menjadi Tuan di Negeri sendiri  dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Beberapa hari lalu Direktur Informasi dan Media Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu RI, Siti Sofia Durmanta berkunjung ke Jayapura Papua. Kunjungan Ibu Direktur erat kaitannya dengan perkembangan isu Papua Merdeka di negara-negara Pasifik. Dalam kesempatan tersebut Siti Sofia Durmanta mengatakan bahwa berbagai upaya siap dilakukan termasuk mendorong promosi potensi Papua ke dunia internasional diberbagai sektor termasuk kebudayaan dan Sumber Daya Alam (SDA), (Cepos, 18/3/15).
Menarik penyataan Ibu Direktur, tapi harus jelas detailnya seperti apa dan harus kontiniu dilaksanakan, jangan karena isu Papua merdeka lalu Pemerintah Pusat sengaja menciptakan opini yang positif sebagai alat tawar untuk meredam isu tersebut setelah itu tidak ada realisasi apa-apa dan kita harus meminta-minta ke pusat untuk realisasi sebuah kebijakan pembangunan. Bicara tentang potensi, Papua tidak hanya SDA dan kebudayaan saja, tapi masih banyak potensi lainnya.  Salah satu adalah Sang Legenda Mutiara Hitam Persipura, Pemerintah Pusat tidak memberikan perhatian yang serius dalam mempromosikan Persipura ke kancah internasional. Persipura hanya menjadi kebanggan orang Papua saja, tidak menjadi kebanggan seluruh masyarakat Indonesia ketika mereka mewakili Indonesia mengikuti kompetisi AFC di level internasional. Padahal Persipura harusnya mendapat penghargaan dari Pemerintah karena telah mengangkat nama Indonesia di kancah persepakbolaan internasional, tapi hari ini semangat ini hanya menjadi bagian masyarakat Papua saja bukan bagian dari negara. Kelemahan ini bisa menyuburkan nasionalisme kebangsaan Papua yang pada akhirnya akan mengarah pada keinginan untuk memisahkan diri secara politik dari NKRI.
Jadi mari melihat Papua tidak hanya dari sisi politik semata, tapi lihatlah Papua secara menyeluruh dan komprehensif karena masalah di Papua beragam dan banyak serta saling terkait satu sama lain, sehingga melemahkan upaya untuk menyelesaikannya apabila terfokus pada satu topik atau satu masalah saja, sebab dampaknya akan semakin besar dan akan mempengaruhi integritas bangsa di tanah Papua.

Penulis adalah pemerhati masalah pembangunan di Papua

  • No comments found

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
Info for bonus Review bet365 here.