Pasific Pos.com
Papua Selatan

Area Pelabuhan Siap Ditertibkan

MERAUKE,ARAFURA,- Usai pengerjaan pembangunan perpanjang Dermaga Pelaut Laut Merauke dan pemasangan fixed crane atau alat bongkar muat, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) Cabang Merauke akan menertibkan area Pelabuhan Yos Sudarso Merauke. Penertiban akan dilakukan sebelum diresmikan.

“Pengerjaan dermaga sudah selesai, sekarang kita akan melakukan penertiban terhadap barang yang menumpuk di area pelabuhan selama berhari-hari, karena kita juga sudah memasang dua unit alat bongkar muat sehingga lebih cepat,” ujar Manager Operasi PT Pelindo IV (Persero) Cabang Merauke, Silas Warfandu kepada wartawan di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Menurutnya, dengan pemasangan alat bongkar muat diharapkan bongkar muat lebih cepat dilakukan, sehingga barang lebih cepat sampai ke tujuan. “Dengan adanya perpanjangan dermaga sepanjang 75 meter, dapat digunakan (untuk bersandar) dua hingga tiga kapal,”terangnya.

Ditambahkan, penertiban dilakukan supaya ruang gerak kendaraan angkut barang maupun orang di Area Pelabuhan Laut Merauke tidak terhambat atau macet. Pasalnya, sebelum pengerjaan perpanjang dermaga sering terjadi penumpukan barang, karena setelah dibongkar dari kapal, para pemilik barang tidak segera mengambilnya.

“Kedepan kita akan benar-benar lakukan penertiban dengan baik, sehingga tidak terjadi penumpukan barang,” tandasnya.