Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ardho Alamsyah, Senang Berbagi Ilmu Tentang Dunia Perikanan

MERAUKE,ARAFURA,-Memiliki basic ilmu di bidang perikanan yang dapat dikatakan cukup memadai maka sosok anak muda yang satu ini tidak pelit untuk berbagi ilmu dengan siapa saja. Selaku pemilik usaha Laonco Akuaflok, Ardho Alamsyah selalu membuka diri dengan kalangan manapun jika ingin menimba ilmu terkait dengan budidaya yang tengah ia geluti saat ini, yaitu menanam sayuran dengan menggunakan pupuk alami dari kotoran ikan.

Untuk itu ia menyambut baik kunjungan para siswa dari KB/RA Al Firdaus yang telah berkunjung ke tempatnya untuk belajar banyak hal tentang dunia ikan. “Tidak hanya kepada siswa dan guru, untuk orang tua juga saya ajarkan tentang cara menanam sayuran dan menggunakan pupuk kotoran ikan serta apa saja manfaat dan hasil yang akan diperoleh dengan budidaya ini. Saya harap mereka semakin mencintai dunia perikanan dan gemar makan ikan karena kaya akan nutrisi,”jelas Ardho kepada wartawan di tempat usahanya Jumat lalu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, beberapa waktu lalu sejumlah mahasiswa jurusan perikanan juga telah mengunjungi tempat usahanya, sekedar untuk belajar lebih banyak tentang dunia perikanan. Pada dasarnya ia sangat senang untuk berbagi ilmu sehingga mempersilahkan siapapun untuk datang dan belajar. Apalagi untuk budidaya dengan sistem akuaponik di Kabupaten Merauke memang masih minim dan baru dirinya yang memprakarsai sehingga membutuhkan keseriusan dalam pengelolaannya.

“Pasalnya kita bermain-main dengan bakteri dan dengan makhluk hidup sehingga harus lebih banyak melakukan uji coba.  Kita juga harus rajin mengupgrade tentang budidaya itu sendiri karena ilmu terus berkembang dan kita tidak bisa hanya mengandalkan hasil ikan yang melimpah di daerah ini atau hanya sekedar memelihara begitu saja di empang. Banyak sekali sistem dan ilmu baru yang perlu kita ketahui,”pungkasnya.